1. Home
  2. ยป
  3. Serius
17 Maret 2022 07:48

Gempa magnitudo 7,3 guncang Jepang, peringatan tsunami dicabut

Pembangkit nuklir Fukushima dipastikan tidak mengalami gangguan atau kerusakan. Deta Jauda Najmah

Brilio.net - Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang timur laut Jepang pada Rabu 16 Maret 2022. Dikutip brilio.net dari Kyodo News, gempa terjadi pukul 23.36 waktu setempat. Gempa yang mengguncang ibu kota Tokyo itu sempat memicu peringatan tsunami di beberapa bagian pantai timur laut. Saat itu gelombang tsunami hingga 30 cm diamati di pelabuhan Ishinomaki di Miyagi sehingga warga diminta menjauh dari pantai.

Selain itu, gempa ini menyebabkan kereta peluru Shinkansen Tohoku dengan sekitar 100 penumpang tergelincir antara Stasiun Fukushima di Fukushima dan Stasiun Shiroishi Zao di Miyagi. Syukurlah tidak ada korban yang dilaporkan, menurut East Japan Railway Co.

BACA JUGA :
9 Potret dampak gempa bumi di Banten, genteng berjatuhan & rumah roboh


foto: Liputan6.com

BACA JUGA :
Jepang temukan virus Yezo, gejalanya mirip Covid-19

Media pemerintah NHK memberitakan TEPCO juga sedang memeriksa kondisi reaktor di pembangkit Fukushima. TEPCO merupakan perusahaan multinasional Jepang yang menghasilkan berbagai macam produk energi.

Sementara itu, pembangkit nuklir Fukushima dipastikan tidak mengalami gangguan atau kerusakan.

Kantor berita lokal Kyodo, melaporkan sedikitnya satu orang meninggal dunia akibat gempa tersebut dan puluhan lainnya dilaporkan cedera. Terbaru pada Kamis (17/3), pihak berwenang telah mencabut peringatan tsunami dan listrik pun kembali pulih.



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags