1. Home
  2. ยป
  3. Serius
6 Juni 2020 00:33

Amalan dalam Islam yang dapat menghapus dosa

Sebab kita tak akan pernah tahu seberapa banyak dosa yang sudah kita perbuat semasa hidup Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, pasti memiliki dosa yang diperbuat secara sengaja ataupun tanpa disengaja. Dosa merupakan suatu pelanggaran manusia atas perintah dan peraturan dari Allah.

Dosa dapat menyebabkan seseorang dimasukkan ke dalam neraka. Bahkan dosa kecil juga bisa menjadi penghalang terkabulnya suatu doa serta dapat menghalangi seorang umat untuk masuk surga.

Ketika seseorang penuh dengan dosa, biasanya hati juga akan tidak tenang. Bayang-bayang akan siksa api neraka, cukup membuat manusia takut dan jera. Untuk itu ketika seseorang melakukan dosa, hendaknya segera memohon ampun atau bertaubat pada Allah. Dan tentu saja berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Nah, dosa terbagi menjadi dua jenis yaitu dosa besar dan dosa kecil. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (6/6), berikut dalil-dalil dari Alquran dan As Sunnah yang menunjukkan bahwa dosa terbagi menjadi dosa besar (al-kab'air) dan dosa kecil (ash-shagha'ir).

Sebagaimana dalam firman Allah dalam Alquran surat Asy Syura ayat 37

BACA JUGA :
Kisah Sunan Ampel beserta karomah dan filosofi Moh Limo


Wallaziina yajtanibuna kabaa'iral-ismi wal-fawaahisya wa izaa maa gadibu hum yagfirun

Artinya:
"Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf."

Selain itu, Allah juga berfirman dalam Alquran surat An-Nisa ayat 31



In tajtanibu kabaa'ira maa tun-hauna 'an-hu nukaffir 'angkum sayyi'aatikum wa nudkhilkum mudkhalang kariimaa

Artinya:
"Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)."

Dalam ayat-ayat tersebut, kita diperintahkan untuk menjauhi dosa. Menjauhi dosa-dosa besar seperti perbuatan menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orangtua, membunuh seseorang yang tidak dibenarkan dan perkara-perkara lainnya, niscaya Allah akan menghapuskan dosa-dosa yang lebih rendah darinya berupa dosa-dosa kecil, dan Allah akan memasukkan umatnya ke tempat yang mulia, yaitu surga.

Menyadari hal tersebut, sebagai umat muslim harus berusaha untuk terus berbuat baik dan menjalankan perintah Allah sekaligus menjauhi larangannya, serta senantiasa berusaha menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, baik dosa besar dan dosa kecil.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags