1. Home
  2. ยป
  3. Serius
8 Oktober 2018 00:02

9 Universitas ini tawarkan kuliah sementara untuk korban Palu-Donggala

Universitas Tadulako (UNTAD) rusak sehingga kegiatan kampus terganggu. Farika Maula

Brilio.net - Gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya pada 28 September 2018 lalu telah mengakibatkan kerusakan yang parah dan merenggut ribuan nyawa. Beberapa bangunan yang rusak, salah satunya adalah Universitas Tadulako (UNTAD).

Segala kegiatan belajar mengajar dan perkuliahan menjadi terhambat. Kegiatan perkuliahan terpaksa harus berhenti sampai proses rekonstruksi bangunan rampung. Sehubungan dengan hal tersebut beberapa universitas di Indonesia membantu kelangsungan kegiatan belajar mengajar untuk dapat mengikuti program "sit in" atau kuliah sementara.

BACA JUGA :
Kisah bocah korban gempa temui Jokowi, ketegarannya bikin mewek


Mahasiswa UNTAD dipersilakan untuk dapat mengikuti program "sit in" pada program studi yang berkesesuaian. Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (7/10), berikut ini beberapa universitas yang menwarkan bantuan program tersebut.

1. Universitas Indonesia.

Lihat postingan ini di Instagram

Universitas Indonesia (UI) siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana Gempa dan Tsunami untuk berkuliah sementara atau sit in di seluruh Fakultas yang ada di UI. . Adapun Fakultas yang tersedia di UI adalah : Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Administrasi, Teknik, Ilmu Komputer, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Program Vokasi (Diploma 3). Terkhusus untuk Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah masuk fase klinik. . Bagaimana cara untuk berkuliah sementara di UI? 1) Mahasiswa (Universitas Tadulako yang berasal dari Jabodetabek atau berasal dari Palu) dipersilakan melaporkan diri ke Direktorat Pendidikan UI di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok. 2) Melapor dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa dari Universitas asal 3) Kemudian akan dirujuk mengikuti perkuliahan ke fakultas dan program studi yang relevan . Diharapkan segenap sivitas akademika Universitas Tadulako beserta institusi Pendidikan di wilayah yang terkena dampak bencana Gempa dan Tsunami ini dapat segera pulih. . Ingin tanya-tanya seputar UI? Tim UI-SIPP siap siaga bantu menjawab semua pertanyaanmu! Kontak Hotline: 1500-002 Whatsapp: 0815-1500-0002 #universitasindonesia #uipeduli

BACA JUGA :
Setia dampingi suami, ini curhat haru Adelia soal kondisi terkini Palu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Universitas Indonesia (@univ_indonesia) pada

Melalui akun Instagram @bemkmunand, Wakil Rektor I Universitas Andalas menyatakan, mahasiswa Palu dan Donggala yang hendak mengikuti program kuliah sementara atau sit in di Universitas Andalas cukup mengajukan surat resmi dari Rektor Kampus yang bersangkutan ke Rektor Universitas Andalas.

8. Institut Teknologi Bandung.

foto: www.itb.ac.id

Dalam website www.itb.ac.id, ITB membantu kelangsungan proses belajar para mahasiswa UNTAD dalam program sit in atau kuliah sementara. Beberapa prosedur program tersebut juga telah dijelaskan dalam website tersebut.

9. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

foto: www.uns.ac.id

"UNS Siap Tampung Mahasiswa Korban Gempa Palu" begitu headline yang tertera dalam website www.uns.ac.id. UNS siap menampung mahasiswa korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala yang sedang menempuh kuliah di Universitas Tadulako Palu.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags