1. Home
  2. ยป
  3. Serius
22 September 2020 23:01

10 Keutamaan bulan Safar beserta daftar amalan sunah yang dianjurkan

Sejak dulu orang-orang mendefinisikan bulan Safar sebagai kekosongan Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Bulan Safar adalah bulan kedua setelah Muharram pada penanggalan Hijriyah. Banyak amalan sunah yang dapat dilakukan pada bulan Safar, namun sayangnya beberapa masyarakat menganggap bahwa bulan Safar adalah bulan yang penuh bala atau musibah, sehingga amalan-amalan yang dilakukan tersebut bukan untuk mendapatkan pahala namun untuk melindungi diri dari kesialan.

Beberapa tradisi dan amalan sunah pun dilakukan oleh beberapa masyarakat seperti kenduri, berpuasa, mandi safar dan lain sebagainya. Padahal dalam Islam tidak ada yang namanya bulan sial. Seluruh bulan dianggap baik dan memiliki keutamaan serta keistimewaannya masing-masing, termasuk pada bulan Safar.

Orang-orang mendefinisikan bulan Safar sebagai kekosongan. Hal ini didasarkan pada sejarah Islam di Arab Saudi yang menjelaskan kebiasaan masyarakat Arab zaman dahulu yang kerap mengosongkan rumahnya untuk pergi berperang pada bulan Safar.

Jika terjadi musibah pada bulan Safar, hal itu bukan karena bulan Safarnya, namun karena ujian dari Allah. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (22/9), dalam alquran surat At Taubah ayat 51, Allah berfirman:

BACA JUGA :
10 Keistimewaan membaca sholawat pada hari Jumat bagi umat Islam


Qul lay yusiibanaa illaa maa kataballaahu lanaa, huwa maulaanaa wa 'alallaahi falyatawakkalil-mu'minun

Artinya:
Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal".

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:
"Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa." (HR. Bukhari).

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags