1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
6 Juli 2023 20:45

Pahami konsep ikigai agar hidup lebih bahagia, lengkap dengan pengertian, tujuan, & cara menemukannya

Konsep ikigai berasal dari budaya Jepang yang menawarkan pandangan holistik tentang hidup yang memadukan kebahagiaan, tujuan, dan kepuasan. Sri Jumiyarti Risno
foto: pexels.com

Brilio.net - Dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan dan perubahan, mencari tujuan hidup yang bermakna dan merasa bahagia adalah keinginan yang mendalam bagi setiap orang. Salah satu konsep menjalani hidup agar lebih bahagia adalah ikigai.

Konsep ikigai berasal dari budaya Jepang yang menawarkan pandangan holistik tentang hidup yang memadukan kebahagiaan, tujuan, dan kepuasan secara menyeluruh. Dalam artikel ini, kamu akan menjelajahi konsep ikigai dengan tujuan membantu memahami nilai ikigai, menemukan tujuan hidupmu, dan menghadapi kehidupan dengan kebahagiaan yang lebih mendalam.

BACA JUGA :
95 Kata-kata motivasi saat interview kerja, optimistis langsung diterima perusahaan


Sebenarnya konsep ikigai membantu kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendasar tentang hidupmu, seperti apa yang membuat kamu bahagia, apa yang memberikan kamu kepuasan batin, apa yang kamu nilai dalam hidup, dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi positif pada dunia di sekitar.

Lebih jauh, ikigai bukanlah konsep yang terbatas pada satu aspek kehidupan, seperti pekerjaan atau hubungan personal. Sebaliknya, konsep ini mengajarkan untuk mencari keselarasan di antara semua aspek kehidupan. Ketika minat, tujuan, profesi, dan nilai-nilai hidupmu saling berpadu dengan harmonis, kamu akan merasakan kehidupan yang seimbang, memuaskan, dan bermakna.

Untuk memahami konsep ikigai lebih jauh, simak artikel ini hingga selesai agar kamu memahami dan memperdalam wawasan kamu tentang konsep hidup ikigai dalam mencapai kedamaian hidup. Berikut disajikan penjelasan lengkap tentang pengertian, tujuan, manfaat, dan cara menemukan ikigai, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (7/7).

BACA JUGA :
111 Kata-kata bijak semangat berbisnis, bikin nyali nggak kendor

Pengertian konsep ikigai

foto: pexels.com

Bagi kamu penggemar buku self improvement pasti tidak asing denganbuku berjudul The Book of Ikigai karya Ken Mogi pada 2017 lalu. Dapat dikatakan berkat karya tersebut, konsep ikigai mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hingga membuat para influencer Indonesia memperkenalkan gaya hidup ikigai ini, karena digadang bisa menuntun kamu menemukan makna kebahagiaan.

Lantas apa sih pengertian ikigai ini? Ikigai merupakan kombinasi dari dua kata dalam bahasa Jepang, yaitu "iki" yang berarti "hidup" dan "gai" yang berarti "nilai" atau "manfaat". Secara harfiah, ikigai dapat diartikan sebagai "nilai hidup" atau "alasan hidup". Nah, secara sederhana Ikigai adalah konsep Jepang yang berarti "alasan hidup" atau "tujuan hidup yang berarti".

Dalam pandangan Jepang, ikigai tidak hanya tentang kepuasan pribadi, tetapi juga tentang pelayanan kepada orang lain dan kontribusi positif pada dunia di sekitar kamu. Ikigai adalah titik temu di mana keempat elemen penting dalam hidup saling berhubungan dan saling mendukung: apa yang kamu cintai, apa yang kamu lakukan, apa yang dunia butuhkan, dan apa yang kamu hasilkan. Terdapat beberapa pemahaman yang disampaikan ahli terkait konsep ikigai ini, diantaranya sebagai berikut:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags