1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
10 Desember 2022 17:20

Mangkunegaran ciptakan tarian baru untuk pernikahan Kaesang-Erina, penuh makna dan filosofi

Tarian tersebut nantinya akan disajikan untuk menyambut kedatangan mempelai dari lokasi upacara ngunduh mantu di Loji Gandrung. Farika Maula
Gerak tari Mandaya Sih sendiri diambil dari khazanah tarian di Pura Mangkunegaran yang berusia ratusan tahun.

Gerak tari Mandaya Sih sendiri diambil dari khazanah tarian di Pura Mangkunegaran yang berusia ratusan tahun. Di antaranya Tari Gambyong Pareanom (Abad 20), Golek Lambangsari (abad 19), dan beberapa varian tari wireng. Rusini mengkoreografi Mandaya Sih untuk ditarikan tiga pasang penari laki-laki dan perempuan.

Tugas menciptakan tarian tersebut diamanatkan kepada Kemantren Langenpraja oleh Kawedanan Panti Budaya Mangkunegaran yang dipimpin oleh GRAJ Ancillasura Marina Wirasudjiwo.

BACA JUGA :
Dibalik kemeriahan kirab Kaesang-Erina menuju Pura Mangkunegaran ada warga pingsan, ini potretnya


Saya mendapat dhawuh (perintah) dari Gusti Sura (panggilan akrab Ancillasura) akhir November, katanya.

foto: Brilio.net/ Ivanovich Aldino

BACA JUGA :
Sulit dijumpai selain di nikahan Kaesang-Erina, momen para menteri gelesot acungkan salam saranghae

Praktis, Rusini hanya punya waktu kurang dari satu bulan untuk menggarap karyanya. Karena itu ia segera memikirkan konsep tarian agar bisa segera dikawinkan dengan aransemen gamelan yang akan mengiringi tarian tersebut.

Setelah saya merenungkan susunan karya ini, saya terus menghubungi komposernya. Maksud saya seperti ini, bagian ini saya butuh sekian, butuh sekian, katanya.

Tarian itu pun masih harus dipoles bersama para penarinya.

foto: Brilio.net/ Ivanovich Aldino

Terus dikembangkan, dicoba, dicari kekurangannya. Diproses terus, katanya.
Pangarsa Kemantren Langenparaja, Samsuri (60) mengatakan pihaknya hanya menyiapkan satu tarian untuk menyambut acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina. Di luar itu, Kemantren Langenpraja hanya menyajikan aransemen gamelan yang terus berbunyi selama acara berlangsung.

Hanya satu tarian pada siang hari. Di pendapa Pura Mangkunegaran. Setelah itu hanya klenengan (musik gamelan) saja. Tidak ada tarian lagi, katanya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags