1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
25 Februari 2022 13:25

Kisah 3 pilot muda dari pedalaman, ada yang pernah tertembak di Papua

Mereka punya satu mimpi yang sama, terbang di atas tanah kelahiran Yani Andriansyah
Ki-Ka : Bona Ventura, Abraham Alex Tanusaputra, dan Oscar Kobogau (foto-foto : @yans_brilio)

Brilio.net - Pilot masih menjadi salah satu profesi yang membanggakan, khususnya bagi anak-anak di pedalaman Indonesia yang hanya bisa dicapai melalui transportasi udara. Mereka merasa memiliki kebanggaan tersendiri ketika bisa menerbangkan pesawat di atas tanah kelahiran.

Hal inilah yang dirasakan sejumlah pilot muda Smart Aviation, operator pesawat perintis yang melayani penerbangan di pelosok Tanah Air. Maskapai ini memang memprioritaskan putra daerah untuk menjadi pilot.

BACA JUGA :
4 Program perekrutan pilot Smart Aviation, nomor 3 bikin syok


“Suatu kebanggan bagi daerah mereka ketika memiliki pilot asli putra daerah. Karena itu saya membuka kesempatan kerja bagi putra-putra lokal. Saya selalu berusaha untuk merekrut orang Indonesia dan membatasi pilot asing. Tujuannya agar putra-putri Indonesia nggak cuma jadi penonton,” ujar Presiden Direktur PT Smart Cakrawala Aviation (Smart Aviation) Pongky Majaya.

Para pilot muda putra daerah menggapai impian mereka untuk menerbangkan pesawat harus menjalani perjuangan yang tidak mudah. Dengan segala kerterbatasan yang ada, mereka harus bersaing dengan kandidat dari daerah lain.

Mereka harus menempuh pendidikan sekolah pilot di kota-kota besar yang jaraknya puluhan ribu kilometer dari tempat kelahiran mereka. Usai menamatkan pendidikan, tak serta merta mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di dunia penerbangan.

BACA JUGA :
7 Tahun pacaran, 11 momen pernikahan Nimaz Dewantary dan Radifan Mirza

Justru banyak yang menganggur karena keterbatasan peluang kerja di maskapai. Padahal, mereka sudah menghabiskan uang dari ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk sekolah. Ada yang harus menjual rumah hingga perkebunan agar dapat mengikuti pendidikan pilot.   

Berikut potret perjuangan tiga pilot muda Smart Aviation yang berasal dari daerah pelosok di Indonesia.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags