1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
11 Oktober 2022 04:25

5 Contoh perkenalan diri dalam bahasa Indonesia untuk berbagai situasi

Dalam perkenalan diri perlu memperhatikan pemilihan kata atau diksi agar tidak terjadi kesalahpahaman. Brilio.net
Foto: Istimewa

Brilio.net - Perkenalan diri menjadi hal terpenting ketika kamu bertemu dengan orang baru. Perkenalan diri biasanya akan diisi dengan menginformasikan nama, tempat tanggal lahir, umur, pekerjaan, alamat, hobi, dan informasi sejenis lainnya milik pribadi. Dalam perkenalan diri perlu memperhatikan pemilihan kata atau diksi agar tidak terjadi kesalahpahaman. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), perkenalan diri adalah memberitahukan kepada orang lain mengenai diri kamu sendiri agar orang lain mengenal, mengetahui, dan mengerti identitas diri milik kamu.

Perkenalan diri ada baiknya dilakukan dengan gestur yang ceria dan ramah agar orang yang diajak berkenalan tidak merasa canggung dan juga senang untuk menimpali kamu. Perkenalan diri tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, namun dalam bentuk virtual pun bisa.

BACA JUGA :
25 Contoh soal Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 beserta jawabannya


Manfaat perkenalan diri yaitu dapat meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan memperkenalkan diri, kamu akan semakin mengenal nama, melihat senyum, kontak mata, sikap dan ucapan yang baik. Timbal balik ini pasti didapatkan jika kamu baik pula dalam menyikapi orang lain.

Ada banyak sekali keuntungan ketika kamu dapat memperkenalkan diri di hadapan publik. Maka dari itu, berikut brilio.net telah rangkumkan dari berbagai sumber pada Rabu (5/10), 5 contoh perkenalan diri dalam bahasa Indonesia untuk berbagai situasi, dapat dijadikan patokan dan tiruan dalam memperkenalkan diri kepada orang lain.

Contoh cara memperkenalkan diri...

BACA JUGA :
43 Contoh kalimat deskripsi, pengertian serta jenisnya

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags