1. Home
  2. ยป
  3. Olahraga
26 Agustus 2022 14:35

Cari bibit baru, UT kembali gelar turnamen tenis meja pelajar nasional

Ada juga pertandingan eksebisi antara atlet dan komedian lho Yani Andriansyah
Foto-foto: Dok. Universitas Terbuka

Brilio.net - Dalam rangka memeringati ulang tahun ke-38, Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional pada 26-28 Agustus 2022. Turnamen ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Terbuka dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN).

Rektor Universitas Terbuka Prof Drs Ojat Darojat Ph.D mengatakan, turnamen ini mempertandingkan empat kategori yaitu kategori Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi. Turnamen ini memerebutkan hadiah total Rp 112 juta. Saat ini, sudah ada 546 orang yang daftar untuk ikut turnamen ini.

BACA JUGA :
Penjelasan ilmiah jogging tingkatkan energi 65%, pas untuk me time


Jadi, pelajar putra-putri dari empat kategori tersebut bisa mendaftar untuk mengikuti turnamen ini. Universitas Terbuka terus berupaya mencari bibit baru atlet muda tenis meja dengan cara menggelar turnamen tingkat pelajar dan mahasiswa. Ini merupakan bentuk kepedulian Universitas Terbuka terhadap perkembangan olahraga tenis meja di Indonesia, ujar Ojat dalam sambutan pembukaan turnamen Tenis Meja Rektor Cup 2022 Universitas Terbuka di Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Kata Ojat, Universitas Terbuka sudah ditetapkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi sebagai pusat pembibitan atlet tenis meja, baik di jenjang pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Dengan demikian akan lahir calon atlet yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional tapi juga internasional.

BACA JUGA :
Potret 13 seleb jalani hobi olahraga pole dance, pamer body goals

Pada turnamen ini, kami menggandeng Bank Tabungan Negara sebagai sponsor utama. Kami berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut dalam rangka membantu meningkatkan prestasi tenis meja nasional. Kami percaya banyak bibit-bibit muda yang bisa didapatkan dari turnamen ini yang punya masa depan sebagai atlet nasional, jelas Ojat.

Ojat menambahkan, turnamen tenis pelajar ini juga merupakan wujud nyata kepedulian Universitas Terbuka dalam mencari atlet muda baru. Kata Ojat, Universitas Terbuka bukan hanya pelopor dalam pendidikan jarak jauh, tetapi juga sebagai wahana untuk menemukan dan melatih atlet-atlet muda berprestasi.

Menang dan kalah adalah hal yang lumrah di dunia olahraga. Menang bukan satu-satunya tujuan akhir tapi bagaimana atlet muda menjunjung sportivitas yang tinggi untuk meraih kemenangan. Atlet bukan hanya mengejar good winner tapi juga a good loser, jelas Ojat.

Pertandingan eksebisi

Pada turnamen tenis meja tahun ini, Universitas Terbuka bersama Bank Tabungan Negara juga menghadirkan partai eksebisi antara atlet dan artis di mana Cing Abdel berpasangan dengan Gilang Maulana akan berhadapan melawan Denny Cagur dengan Bima Abdinegara.

"Terima kasih untuk Rektor Universitas Terbuka yang menggelar turnamen pelajar Nasional Rektor Cup 2022. Perkembangan ping-pong saat ini antusiasnya sudah sangat baik. Semoga ini membuka mata pengurus PTMSI untuk berbenah dan membuat banyak turnamen serupa sehingga ping-pong semakin dikenal dan juga digemari oleh masyarakat kita," ucap Cing Abdel.

"Keren banget turnamen rektor UT ini, harapan saya tidak hanya menggairahkan olahraga tenis meja, tapi lewat turnamen antar pelajar ini bisa menjaring bibit-bibit baru," pungkas Denny Cagur.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags