1. Home
  2. ยป
  3. News
8 Februari 2016 13:50

Pertanyaan untuk kelas 4 SD ini sampai bikin dosen terheran-heran

Bayangkan saja saat anak SD ditanya tentang masa jabatan DPR, jumlah DPR tiap provinsi, anggota komisi yudisial dan pertanyaan-pertanyaan lain. Irwan Khoiruddin

Brilio.net - Materi pendidikan memang sudah seharusnya disesuaikan dengan kapasitas peserta didiknya. Anak Sekolah Dasar (SD) tentu membutuhkan materi dengan pengetahuan yang dimiliki dan diperlukannya. Namun hal tersebut tidak terlihat dalam lembar soal milik salah satu SD swasta ini.

Dalam soal Pekerjaan Rumah (PR) yang diberikan untuk kelas 4 SD, soal mata pelajaran kewarganegaraan ini menanyakan tentang bentuk pemerintah dan lembaga negara. Bayangkan saja saat anak SD ditanya tentang masa jabatan DPR, jumlah DPR tiap provinsi, anggota komisi yudisial dan pertanyaan-pertanyaan lain, yang mungkin orang dewasa pun akan kesulitan menjawabnya.

BACA JUGA :
Takut basah, Syahrini bungkus tas Hermesnya pakai kresek bak gorengan!



Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, yang juga seorang dosen pun terheran-heran melihat soal tersebut. Melalui akun Twitternya, Sutopo mengaku ragu siswa SD akan paham materi tersebut. Siswa hanya akan hafal tapi akan lupa karena bukan pemahaman yang ditekankan.

"Pantesan saja pendidikan tidak maju dan tambah runyam," tulis Sutopo mengomentari soal tersebut, Senin (8/2).

Bahkan, masih ada soal essay dengan tingkat kesulitan yang tinggi. 

MAU TAHU SOAL ESSAY UNTUK MURID SD DI CIBUBUR, KLIK NEXT

BACA JUGA :
Lagi, heboh soal warna yang cocok dengan sepatu! Menurut kamu gimana?

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags