1. Home
  2. ยป
  3. News
20 Januari 2017 20:17

Kisah nestapa Sulami, idap penyakit langka tubuhnya kaku bak manekin

Obat-obatan yang ada hanya mampu menunda perkembangan penyakit dan belum bisa sampai mengobati tuntas. Ahada Ramadhana

Brilio.net - Sulami (35) mengidap penyakit langka yang menyebabkan tubuhnya kaku bagai manekin. Dikutip brilio.net dari Dailymail, Jumat (20/1), pihak Departemen Kesehatan Sragen menyebut penyakit adalah ankylosing spondylitis (AS). AS merupakan kelainan genetik yang menyerang tulang belakang dan persendian. Hingga kini belum diketahui penyebabnya sehingga pihak medis juga belum menemukan obatnya. Obat-obatan yang ada saat ini hanya mampu menunda perkembangan penyakit dan belum bisa sampai mengobati tuntas.

Sulami merupakan warga Dusun Selorejo, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, Jawa Tengah. Dia amat mengandalkan neneknya, Suginem (90) dalam kesehariannya. Selama 10 tahun terakhir, Sulami tak bisa duduk atau membungkuk. Sehari-hari dia lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Neneknya Suginem akan membantunya jika ingin bangun dari tempat tidur. Untuk berjalan, Sulami harus dibantu tongkat untuk menopang tubuhnya.

BACA JUGA :
10 Orang ini tetap hidup meski kepalanya tertembak, ajaib!


Penyakit ini diketahui juga dapat memicu penyakit lain seperti kardiovaskular, radang mata (uveitis), patah tulang belakang, infeksi dada, hingga penyakit ginjal. Nah, berikut foto-foto kondisi terbaru Sulami yang dirilis Dailymail.

1. Tubuhnya kaku seperti papan.

BACA JUGA :
7 Kasus orang hilang paling heboh dan misterius di dunia, duh!

2. Warna kakinya menjadi legam.

3. Dia harus dibantu tongkat untuk berjalan.

4. Waginem adalah sosok nenek yang sabar merawatnya.

5. Semoga segera ditemukan obatnya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags