1. Home
  2. ยป
  3. News
22 Oktober 2015 10:29

Kamu pasti tak menyangka kalau pejabat & artis ini dulunya santri

Ternyata Nikita pernah di Gontor 2 tahun. Nur Romdlon

Brilio.net - Untuk pertama kalinya, tanggal 22 Oktober ini para santri pesantren sedang merayakan diresmikannya Hari Santri Nasional. Tanggal 22 Oktober ini, presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendeklarasikan Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta. Meski begitu, aroma kemeriahan Hari Santri Nasional sudah ada sejak beberapa hari sebelumnya.

Sederet pejabat, artis, hingga orang terkenal lainnya ternyata pernah merasakan hidup menjadi santri. Nah, berikut deretan pejabat hingga artis yang pernah jadi santri:

1. Mahfud MD

BACA JUGA :
Begini cara santri pesantren peringati Kemerdekaan RI


foto: merdeka.com


Siapa sangka, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini ternyata merupakan santri. Bahkan dalam suatu kesempatan, dirinya menyatakan jika lebih senang disebut lulusan air langgar (pesantren) daripada disebut lulusan universitas.

2. Lukman Hakim Saifuddin

BACA JUGA :
Berkat restu ibu, santri ini beromzet Rp 25 juta/bulan dari konveksi

foto: kemenag.go.id


Menteri Agama di Kabinet Kerja ini juga santri. Lukman Hakim dulunya merupakan santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Bahkan saat di Gontor, Lukman Hakim juga dikenal sebagai aktivis Pramuka. Tak hanya itu, Lukman Hakim saat menduduki kelas V Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyah (KMI) kerap diperintah almarhum KH Imam Subakir untuk menyopiri mobil di Gontor.

3. Saifullah Yusuf


Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini juga merupakan santri pesantren. Hidup di lingkungan pesantren, Saifullah Yusuf juga pernah merasakan bagaimana aktivitas santri di pesantren. SD hingga SMA, Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, menempuh pendidikan di pesantren di Jombang.

4. Hanif Dakhiri

foto: merdeka.com


Hanif Dakhiri yang kini menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Kabinet Kerja ini juga santri. Ia pernah merasakan menjadi santri di Pondok pesantren Al Muayyad Solo. Bahkan Hanif Dakhiri bercerita jika dulu sewaktu SMA pernah digunduli gurunya. Sifat kepemimpinannya juga sudah terlihat sejak sekolah, terbukti Hanif Dakhiri menjadi ketua kelas saat SMA.

5. Maftuh Basyuni

foto: kemenag.go.id


Menteri Agama RI tahun 2004-2009 ini juga merupakan santri pesantren. Maftuh Basyuni dulu pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Gontor selama 3 tahun sebelum melanjutkan studinya ke Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta.


Tak hanya para pejabat di atas, sederet artis berikut ternyata juga pernah merasakan jadi santri pesantren.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags