1. Home
  2. ยป
  3. News
28 Maret 2015 09:00

Jubah di Indonesia dipakai acara keagamaan, di Mesir untuk joget

Perbedaan budaya yang ada di Mesir dan Indonesia sangat begitu kontras. Muhammad Gufron Salim

Brilio.net - Kamu pasti tahu pakaian panjang biasanya berwarna putih yang sering dipakai tokoh agama di Indonesia, jubah. Pakaian ini biasanya dipakai untuk menghadiri acara keagamaan dan menjadi simbol kealiman dari pemakai jubah tersebut.

Jubah di Indonesia identik dengan kegiatan yang berbau keagamaan, misal seperti sholat, dan pengajian. Akan tetapi perbedaan budaya yang ada di Mesir dan Indonesia sangat begitu kontras.


Halimatus Syadiyah, mahasiswa Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM) yang beberapa waktu lalu menjadi delegasi kampusnya untuk studi di Mesir selama satu semester mengungkapkan bahwa penggunaan jubah di Mesir tidak hanya teruntuk acara keagamaan saja. Jubah sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Mesir, seperti bertani, nongkrong dan sebagainya.

"Jubah tidak hanya buat acara keagamaan, bertani, nongkrong hingga joget juga menggunakan jubah," Kata Halimatus kepada brilio.net, Jumat (27/3).

Bagi Halimatus hal itu sangat menggelitik, mengingat kontrasnya makna dari penggunaan jubah itu sendiri. Persepsi di kalangan masyarakat Indonesia dan di Mesir memang sangat jauh berbeda. Sebagai orang awam yang baru mengenal kehidupan di Mesir, hal ini membuatnya sangat heran.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags