1. Home
  2. ยป
  3. News
12 Mei 2015 20:25

Ini bahayanya jika mengisi ulang botol air mineral

Sebagian orang enggan membuang botol air minum kemasan dan cenderung memakainya berulang kali. Erina Wardoyo

Brilio.net - Botol air kemasan yang sering kita beli memang terdengar praktis dan ringan. Hal inilah yang kadang membuat sebagian orang enggan membuang botol air minum kemasan dan cenderung memakainya berulang kali. Namun tahukah kamu bahwa memakai botol air minum berulang kali ternyata berbahaya lho bagi kesehatanmu.

Coba cek setiap botol air minum kemasan yang kamu minum, jika ada simbol segitiga dengan tulisan PET di bawah botol maka ini berarti botol tersebut hanya boleh dipakai sekali saja, setelah itu harus dibuang. Jika dipakai berulang kali apalagi untuk menyimpan air panas bisa menyebabkan lapisan dalam botol meleleh dan menyebabkan keluarnya zat karsinogenik yang berpotensi penyakit kanker.

Selain itu botol air kemasan yang sering dipakai berulang kali juga bisa mengeluarkan zat bisphenol A (BPA). Zat ini jika masuk dalam botol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti keguguran, lahir prematur dan berat bayi yang kecil pada wanita hamil. Tak hanya itu saja, jika bercampur dengan air panas dapat membuat sistem gula darah terganggu, berpengaruh pada sperma, kegemukan dan kanker payudara.

Untuk menghindari hal tersebut disarankan untuk minum air dari gelas kaca yang sudah bersih. Jika terpaksa dipakai untuk bepergian dan dipakai berulang kali maka alternatif lainnya adalah memakai botol minuman yang teruji materialnya serta dicuci setiap kali selesai digunakan.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags