1. Home
  2. ยป
  3. News
18 Maret 2015 09:30

Ini 5 Negara yang lolos dari jajahan bangsa Eropa

Sudah bukan rahasia umum bahwa Eropa berhasil menguasai hampir semua wilayah di dunia. Ines Faradina

Brilio.net - Sudah bukan rahasia umum bahwa Eropa berhasil menguasai hampir semua wilayah di dunia. Kamu pastinya juga sudah mengerti bahwa hampir semua negara bergantung pada kekuatan benua Eropa dalam menjalankan negaranya. Sekedar mengingatkan kembali, berikut ada peta mengenai luasnya daerah jajahan Eropa di dunia sekitar tahun 1500 sampai dengan 1600 yang dilansir dari vox.com (24/2).

Dari peta tersebut dengan jelas terlihat bahwa Eropa berhasil menguasai hampir setiap sudut dari dunia, termasuk negara-negara pada benua Amerika yang ditandai dengan warna hijau. Namun, bisa dilihat juga bahwa ada sekitar 5 negara yang luput dari kolonialisasi Eropa yang ditandai dengan warna oranye.


Sementara untuk negara-negara yang berwarna kuning, termasuk Iran, adalah negara yang juga mendapatkan pengaruh yang cukup kuat dari Eropa. Maka dari itu, Eropa memiliki hak terkait kepemilikan minyak dan gas dari Iran.

Hampir semua negara korban Eropa tersebut berhasil dikuasai secara politik oleh Inggris, misalnya saja Afganistan, Bhutan, dan juga Nepal. Sementara, Eropa juga berhasil menguasai pelabuhan-pelabuhan perdagangan di China. Dan pada sekitar tahun 1900-an, Eropa mencoba menduduki daerah Saudi Arabia dan juga Turki.

Namun, ada negara yang luput dari kolonialisasi Eropa, di antaranya ada Jepang, Korea Selatan dan Korea Utara, Thailand, dan juga Liberia. Banyak yang menduga bahwa Jepang dan Korea berhasil luput dari dominasi Eropa karena mereka memiliki kekuatan diplomasi dan kebijakan yang cukup kuat dan juga mungkin karena jaraknya yang cukup jauh.

Sementara Thailand memang sengaja dibiarkan merdeka oleh Inggris dan juga Prancis. Untuk Liberia, merupakan satu satunya negara di benua Afrika yang berhasil lolos karena memang telah di back-up oleh Amerika.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags