1. Home
  2. ยป
  3. News
9 Oktober 2015 16:31

20 Bukti perubahan zaman ini bikin kamu bersyukur hidup di era modern

Kalau setelah melihat foto dan membaca tulisan ini kamu masih sering mengeluh tentang hidup, berarti kamu keterlaluan dan nggak pernah bersyukur. Tony Febryanto

Brilio.net - Setiap zaman memiliki masanya sendiri dan akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Dengan adanya teknologi dan berbagai bentuk inovasi, suatu era bakal tergantikan dengan era berikutnya yang lebih maju. Dulu, listrik mungkin masih menjadi barang yang mewah dan belum mampu dijangkau oleh semua kalangan.

Namun, lain cerita dengan hari ini. Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak lagi tergantikan. Listrik seakan menjadi nyawa dari denyut aktivitas manusia zaman sekarang. Tanpa listrik, gadget dan komputer takkan menyala, dan akhirnya pekerjaan jadi terbengkalai.

Hal itu mungkin menjadi salah satu contoh kecil perkembangan zaman yang sudah sepantasnya kita syukuri. Karena hidup di zaman dahulu jauh lebih sulit dan menantang dengan segala bentuk keterbatasan. Nggak percaya? Berikut 20 bukti perubahan zaman yang akan membuatmu merasakan nikmatnya hidup di era modern, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/10):

1. Zaman dulu, sungai punya berbagai fungsi, tempat mandi, tempat buang air, serta mencuci pakaian. #RIPPrivasi

BACA JUGA :
10 Hal ini pasti dilakukan orang Indonesia saat sedang jatuh sakit



2. Untuk membersihkan diri, orang dulu termasuk generasi yang tahan banting. Bayangkan, alat mandi mereka batu dan pecahan genteng untuk merontokkan kotoran yang menempel pada badan.


3. Sementara untuk menggosok gigi, mereka pakai arang kayu, tanah liat, atau batu bata. Entah resep dari mana, tapi yang jelas orang-orang zaman dulu terbukti punya gigi yang kuat.  Kriuk!

BACA JUGA :
Ini dia tumbuhan langka di dunia, menakjubkan!


4. Kalau kita sekarang disuguhi beragam pilihan shampo, tidak demikian dengan orang dulu. Shampo mereka ternyata terbuat dari batang padi (merang). Lagi-lagi mereka punya cara kreatif memanfaatkan potensi alam sekitar.


5. Sedangkan untuk mencukur kumis dan jenggot, alat cukur mereka terbilang cukup sederhana dan digunakan berkali-kali sampai benar-benar terkorosi.


6. Untuk hiburan, orang dulu tak punya banyak pilihan. TV hitam putih termasuk benda mewah kala itu dan tak semua orang mampu membelinya.


7. Tak ada listrik, mereka pun tetap bisa menyetrika. Setrika mereka berdayakan panas api dari arang. Luar biasa!


8. Mereka juga tidak mengenal fast food atau mi instan. Bagi mereka, tiwul, gatot, dan mbote adalah makanan mewah yang tak tergantikan nikmatnya. Mak nyus!


9. ...dan jauh sebelum Puskesmas atau rumah sakit berdiri, mereka sudah terbiasa mandiri dalam membuat obat-obatan tradisional.


10. Beruntungnya kamu hidup di zaman sekarang, wanita tempo dulu memakai serabut kelapa sebagai pembalut. Duh! Gatel deh kalau dipakai zaman sekarang.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags