1. Home
  2. ยป
  3. News
19 Maret 2016 21:04

Jenis-jenis kain tenun asli Indonesia yang wajib kamu tahu!

Dari ujung Aceh sampai Papua, motif dan warnanya pun beragam. Syifa Fauziah

Brilio.net - Selain batik, Indonesia juga terkenal dengan tenunnya yang beragam. Setiap daerah punya ciri khas kain tenun yang beragam. Dari dulu hingga saat ini, tenun masih dibuat dengan alat yang tradisonal. Menurut Yovita Meta Bastian, perintis weafing for life mengatakan bahwa tenun memang harus dibuat dengan alat tradisional karena kalau dengan mesin hasilnya tidak akan maksimal.

"Tenun saat ini di daerah NTT masih dibuat dengan alat tradisional, namanya Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Kita memang tidak menggunakan mesin karena dapat mengurangi tenaga kerjanya. Kasian warga di sana kalau semua harus pakai mesin," ujarnya kepada brilio.net, di Jakarta, Minggu (19/3)

Yovita juga mengatakan beragam jenis tenun dari Indonesia dan kini dia sedang membesarkan tenun biboki dari NTT, tanah kelahirannya. Selain tenun Biboki, ada beragam tenun-tenun di Indonesia lainnya yang kini populer di kalangan masyarakat. Yuk, kita simak tenun apa saja yang sedang populer:

1. Tenun Ulos

BACA JUGA :
10 Alasan kamu harus belanja di pasar tradisional




2. Tenun Gringsing



3. Tenun Buna Insana

BACA JUGA :
Begini filosofi Tapa Bisu Mubeng Beteng tiap 1 Sura di Keraton Jogja



4. Tenun Biboki



5. Tenun Sumba



6. Tenun Lurik



7. Tenun Toraja



8. Tenun Ikat Troso



9. Tenun Dayak



10. Tenun Lombok



Jenis tenun di atas hanya sebagian saja lho, masih banyak kain tenun khas Indonesia dengan corak dan warna yang beragam.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags