1. Home
  2. ยป
  3. Life
19 Maret 2015 00:00

Hati-hati, banyak minum air putih juga berbahaya untuk kesehatan!

Jangan terlalu banyak minum air ternyata juga bahaya bagi tubuh. Joshua Riwu Kaho

Brilio.net - Kita pasti sering dengar kalau banyak minum air putih bisa meningkatkan konsentrasi, meregenerasi sel-sel kulit, dan juga memberi lebih banyak energi untuk beraktivitas seharian. Minum air putih sebanyak enam hingga delapan gelas sehari juga dapat mencegah sakit kepala, detoksifikasi, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Tapi, tahu nggak sih, terlalu banyak minum air putih ternyata juga berbahaya untuk kesehatan?


Prof Mark Whiteley, konsultan bedah vaskuler dari The Whiteley Clinic of London, mengatakan kalau banyak minum air putih juga berisiko negatif. Dilansir dari Daily Mail, ini 3 risiko yang bisa ditimbulkan akibat terlalu banyak minum air putih.

Berikut risiko jika kamu banyak mengonsumsi air putih, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber:

1. Tubuh memproduksi keringat lebih banyak
Minum air putih dalam jumlah yang terlalu banyak bisa bikin kamu terkena overhidrasi atau berkeringat secara berlebih. Dalam kondisi yang ekstrem, kamu malah harus melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat karena hal itu.

2. Insomnia
Saat kita tidur, otak melepaskan hormon anti-diuretik untuk memperlambat fungsi kerja ginjal. Hormon ini juga menekan keinginan untuk buang air kecil pada malam hari. Kalau kamu minum dua atau tiga gelas air putih sebelum tidur, otak nggak akan melepaskan hormon ADH, itu makanya kamu jadi kebelet pipis pada malam hari. Kalau sudah gitu, kamu jadi susah untuk tidur lagi.

3. Air juga bisa bikin kita mati keracunan
Penelitian yang dilakukan oleh British Dietetic Association mengatakan, darah akan menjadi encer dengan kadar garam yang rendah, karena ginjal nggak bisa menampung kelebihan cairan itu. Kalau darah tiba-tiba menjadi lebih encer, sel-sel otak akan membengkak yang kemudian akan menimbulkan tekanan di dalam tengkorak yang bisa bikin kamu sakit kepala. Dan yang fatal, bisa mengakibatkan kematian.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags