1. Home
  2. ยป
  3. Life
29 Desember 2015 10:22

17 Kegunaan kertas alumunium foil yang nggak kamu duga, jadi paham!

17 manfaat aluminium foil yang benar-benar membantu kehidupan. Agustin Wahyuningsih

Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan kertas alumunium foil, kan? Kertas warna silver ini sering kali digunakan sebagai pembungkus makanan, terutama kala dimasak menggunakan microwave. Nah, ternyata kegunaan alumunium foil nggak sekadar itu, lho! Sebagaimana dilansir brilio.net dari Diply, Selasa (29/12), berikut 17 manfaat alumunium foil yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Membantu pengeringan pakaian

foto: The Creek Line House

Saat kamu mengeringkan pakaian dengan mesin pengering, biasanya pakaian saling melekat satu sama lain karena tarik-menarik elektron positif dan negatif. Dengan menggunakan bola-bola kertas alumunium foil, pakaian tersebut tak akan mudah melekat satu sama lain sehingga bisa mempercepat proses pengeringan pakaianmu.

2. Penggosok perhiasaan perak

BACA JUGA :
30 Gambar 'cerdas' yang bikin kamu manggut-manggut dan senyum sendiri


foto: Green Bride Guide

Kamu yang punya perhiasan perak, bisa merawatnya dengan kertas alumunium foil. Gunakan baking soda, garam, alumunium foil, dan air mendidih untuk membersihkan noda pada perak.

3. Melindungi gagang pintu saat pintu dicat

foto: Lifehacker

Sebelum mengecat pintumu, pastikan kamu sudah menutupi gagang pintunya menggunakan kertas alumunium foil. Hal ini mencegah gagang pint terkena cat yang bisa 'menjebak' tanganmu saat kamu tak sadar memegangnya.

4. Menghilangkan karat dari logam

foto: Feed the Birdies

Siapkan kerta alumunium foil dan air. Robek kertas alumunium foil dan buat gulungan kecil kemudian celupkan ke dalam air. Setelah itu gosok benda logam yang ingin kamu bersihkan dari karat mengganggu.

5. Sebagai segel makanan

BACA JUGA :
11 Beda televisi dan handphone ini dijamin bikin kamu tertawa ngakak

foto: Lifehacker

Kalau kamu mau mengirim paket berupa makanan, kamu bisa mengamankannya menggunakan alumunium foil. Cukup bungkus makanan dengan alumunium foil kemudian setrikalah biar melekat rapi supaya tak cepat rusak dalam proses pengiriman makanan.

6. Membuang minyak bekas masakan

foto: My Life as a Mrs

Kalau kamu bingung membuang bekas minyak goreng, tuangkan saja ke mangkuk yang sudah dilapisi alumunium foil. Setelah mengeras, tutup alumunium foil tersebut dan membuangnya ke tempat sampah.

7. Mengisi ulang baterai

foto: pinterest / Sara Linna

Kalau daya baterai kecil kamu habis, gunakan baterai tersebut bersamaan dengan sedikit alumunium foil. Letakkan potongan alumunium foil di kutub positif (+) baterai tersebut.

8. Pembersih alat pemanggang

foto: food52

Kalau alat pemanggangmu berkarat apalagi gosong dan berkerak setelah digunakan, bersihkan dengan alumunium foil. Buat bola-bola alumunium foil kemudian jepitlah dengan penjepit untuk membersihkan karat atau kerak gosong di alat pemanggangmu.

Manfaat lainnya dari Alumunium foil ada di halaman berikut, klik NEXT!

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags