1. Home
  2. ยป
  3. Life
10 September 2015 12:33

10 Etika naik pesawat yang harus kamu tahu dan wajib dilakukan

Yang paling penting, pastikan kamu tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Sabar Artiyono

Brilio.net - Pesawat terbang memang sudah menjadi andalan saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan, alat transportasi ini mulai ramai karena banyak maskapai penerbangan yang memberikan promosi besar-besaran. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri.

Akan tetapi, kamu tentu harus tahu etika saat naik pesawat untuk menjaga kenyamanan dengan penumpang lain.

Berikut adalah sepuluh etika yang harus kamu lakukan saat naik pesawat, sebagaimana dikutip brilio.net dari Business Insider, Kamis (10/9):

1. Perhatikan petugas keamanan

BACA JUGA :
Hanya 23% penyusup pesawat selamat, lainnya tewas jatuh hingga membeku


Sebelum masuk dalam mesin x-ray, keluarkan semua barang-barang yang ada di dompet dan juga sakumu. Setelah proses scanning selesai, langsung ambil barang milikmu. Jangan sampai kamu menghalangi jalan orang lain untuk mengambil barang miliknya.



2. Ingat jumlah barang bawaan

BACA JUGA :
Ini penerbangan komersial paling dekat di dunia, cuma 47 detik!

Jika kamu membawa dua tas, lebih baik tas yang ukurannya lebih kecil dibawa saja. Sedangkan yang ukuran besar diletakkan di tempat penyimpanan tas. Tetapi ingat, jangan sampai tasmu memenuhi tempat orang lain. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu akan ditegur oleh sang pramugari.



3. Jangan ribut dengan pramugari terkait gadget

Lebih baik matikan semua gadget yang kamu bawa saat di dalam pesawat. Biasanya akan diperingatkan terlebih dahulu dari sang pramugari. Selain itu, para pramugari juga selalu mengawasi setiap penumpang untuk menegur siapa saja yang menyalakan gadget. Tidak usah didebat, karena memang prosedur keselamatan penerbangan internasional juga mewajibkan semua penumpang untuk tidak mengaktifkan ponselnya saat perjalanan.



4. Kaki ingin selonjoran?

Hanya beberapa kelas penerbangan yang bisa memberikan kenyamanan ekstra. Jika kamu ingin menyelonjorkan kaki di pesawat, kamu harus memperhatikan penumpang yang lain. Apalagi saat kamu berada di tengah, jangan sampai mengganggu kenyamanan penumpang lain.



5. Bagi kamu yang duduk di tengah

Mendapat kursi di bagian tengah memang kurang nyaman. Kamu tidak bisa meregangkan tangan kamu. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati jika ingin tidur. Prinsipnya adalah pastikan orang yang di sebelah kanan atau kiri tidak terganggu.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags