1. Home
  2. ยป
  3. Komunitas
25 Agustus 2016 09:23

Dulu hanya jadi TKI, sekarang anak Sumbawa bercita-cita jadi dokter

Kehadiran Komunitas Batu Hijau Bootcamp menumbuhkan kepercayaan diri. Andi Rosita Dewi
foto: brilio.net/Andi Rosita.

Brilio.net - Komunitas Batu Hijau Bootcamp atau yang sebelumnya bernama Newmont Bootcamp menjadi salah satu komunitas di Tanah Air yang cukup peduli dengan perkembangan pendidikan anak-anak, khususnya di daerah Sumbawa Barat. Bahkan beberapa waktu yang lalu, komunitas ini berhasil memenangkan penghargaan internasional Golden World 2016 dari Internasional Public Relations Association (IPRA).

Sebagai wujud kepedulian terhadap putra-putri masa depan bangsa Batu Hijau Bootcamp baru saja melaksanakan Kelas Inspirasi untuk siswakelas 3 SMPN 1 Maluk, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Acara ini bertujuan untuk lebih memotivasi anak-anak untuk memiliki cita-cita yang tinggi dan tidak mudah menyerah untuk semua impian mereka.

BACA JUGA :
Pemuda ini kumpulkan koin untuk membantu anak tak mampu sekolah


Pembukaan Kelas Inspirasi oleh Wakil Kepala SMPN Maluk. Para siswa antusias dengan kegiatan ini. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Di wilayah setempat, cita-cita sebelumnya menjadi sesuatu yang hampir mustahil dimiliki. Tak banyak pelajar yang menggantungkan citanya tinggi-tinggi karena sejumlah keterbatasan. Paling banter, cita-cita terbesar mereka adalah menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) setelah lulus sekolah dasar atau menengah pertama.

BACA JUGA :
Melalui akun medsos ini, masalah di jalanan bisa selesai di dunia maya

Setelah pembukaan siswa langsung diajak mengikuti kegiatan, interaksi dan keseruan mulai terjaga. Apalagi aktivitas dilakukan dengan penuh keceriaan. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Lihat bagaimana cerianya anak-anak SMPN Maluk mengikuti Kelas Inspirasi ini. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Beruntung, kepedulian PT. Newmont Nusa Tenggara, melalui Komunitas Batu Hijau Bootcamp, membuka mata anak-anak di sana untuk memiliki cita-cita tinggi, mengubah kehidupan ke arah yang lebih baik.

Saya senang dapat kelas inspirasi ini jadinya saya semakin percaya akan mimpi-mimpi saya dan saya semakin percaya diri bahwa segalanya menjadi mungkin jika kita ingin berusaha, pokoknya saya mau jadi dokter,tuturRina (13), salah seorang pelajar.

Para pelajar membuat pohon harapan mereka. Kelak, pohon ini bisa menjadi kenyataan. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Dan ini dia pohon harapan pelajar-pelajar SMP N Maluk setelah mengikuti Kelas Inspirasi. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Masyarakat setempat kini juga mulai menyadari tentang pentingnya pendidikan. Ditambah ketersediaan berbagai lapangan pekerjaan di daerah pertambangan serta berkembangnya teknologi informasi ikut membantu anak-anak semakin berani bermimpi untuk memiliki pendidikan tinggi.

Kami berterima kasih atas kesediaan teman-teman Komunitas Batu Hijau Bootcamp yang berkenan berbagi inspirasi bagi anak-anak kami. Ke depannya, kami berharap dapat berkolaborasi kembali demi mewujudkan generasi Sumbawa Barat yang optimis dan memiliki cita-cita tinggi, ujar Khusnarti, S.Pd, kepala sekolah SMPN 1 Maluk beberapa hari lalu saat ditemui brilio.net di lokasi kegiatan.

Seru banget kan acaranya. Lihat wajah-wajah optimistis dan keceriaan mereka. Kelak, satu dari mereka semoga bisa menjadi pemimpin negeri ini. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Selain kegiatan Kelas Inspirasi, pemberian bantuan seperti tempat pembuangan sampah juga dilakukan. Menjaga agar lingkungan tetap bersih. 2016 brilio.net/Andi Rosita

Dampak positif memang dirasakan anak-anak setelah mengikuti kelas yang digelar selama kurang lebih tiga jam tersebut. Kegiatan yang diisi dengan berbagai sesi diskusi, games hingga kelas motivasi, membuat anak-anak semakin percaya diri menyongsong masa depannya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags