1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
24 Maret 2020 17:31

6 Gejala virus Corona dan cara pencegahannya

Yang terpenting adalah jaga kebersihan dan tak perlu panik Ferra Listianti
foto: freepik.com

Brilio.net - Pandemi virus Corona atau COVID-19 masih menjadi perhatian dunia. Setiap harinya jumlah korban yang positif teridentifikasi bertambah banyak.

Hal ini tentu membuat beberapa negara sudah menerapkan kebijakan lockdown sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Negara tersebut seperti negara Italia, Spanyol, Prancis, Irlandia, El-Salvador, Belgia, Polandia, Argentina, Yordania, Belanda, Denmark, Malaysia, Filipina, dan Libanon.

Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini dapat dengan mudah menyebar ke orang lain yang memiliki daya tahan tubuh rendah. COVID-19 menyerang sistem pernapasan manusia dan dapat menimbulkan efek menghancurkan organ lain di tubuh, termasuk paru-paru. Untuk mengetahui gejalanya pun membutuhkan waktu hingga 14 hari pemeriksaan oleh tenaga medis.

Memiliki gejala yang hampir serupa dengan flu biasa, membuat banyak masyarakat mengkhawatirkan kondisi kesehatan mereka. Namun, tidak perlu panik karena kamu dapat mengantisipasi virus Corona dengan mencermati gejala-gejala yang timbul.

Berikut gejala dan pencegahan virus Corona yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/3).


Gejala umum Corona
1. Batuk
2. Sesak napas
3. Demam dengan suhu tinggi hingga mencapai 38 derajat celcius (bahkan bisa lebih)
4. Pilek
5. Sakit kepala
6. Badan terasa pegal-pegal dan nyeri

Gejala spesifik yang perlu diwaspadai
1. Kesulitan bernapas
2. Terasa nyeri di bagian dada yang tidak bisa tertahankan
3. Susah untuk bangkit berdiri dari duduk ataupun tidur
4. Tenggorokan terasa nyeri
5. Bibir membiru
6. Wajah pucat


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags