1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
21 November 2019 08:32

6 Fungsi empedu manusia dan cara mudah menjaganya

Empedu ini berperan penting untuk membantu kerja hati di tubuh, terutama untuk membantu penyerapan lemak dan mengeluarkan racun. Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Empedu adalah organ kecil yang terletak di area tengah perut. Bentuk empedu sering disebut seperti buah pir. Empedu berisi cairan vital untuk tubuh. Cairan empedu bisa mencerna lemak dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak.

Dilansir dari webmd, komponen empedu sebenarnya cukup beragam. Empedu berwarna kuning kehijauan, terdiri dari 95 persen air dan larutan senyawa. Adapun isi dari empedu antara lain asam empedu, garam, fosfolipid, kolesterol dan hormon steroid; pigmen dan asam amino; elektrolit dan vitamin; antioksidan seperti melatonin dan glutathione; antibodi seperti IgA, logam berat, obat-obatan, dan racun lingkungan.

Empedu ini berperan penting untuk membantu kerja hati di dalam tubuh, terutama untuk membantu penyerapan lemak. Empedu juga membantu hati mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh.

Empedu ditampung pada sebuah membran yang disebut kantung empedu. Kantong empedu ini ukurannya sekitar 8 hingga 12 cm dan mampu menampung cairan hingga 60 ml. Kantong empedu ini terdiri dari beberapa bagian.

Terdiri dari leher kandung kemih, duktus sistikus, duktus hepatikus, duktus keledokus. Setiap bagian dari kantung empedu tersebut memiliki peranannya masing-masing. Yang kemudian satuan kumpulan fungsi dari empedu itu sendiri.

Nah, apa saja peran penting empedu pada tubuh manusia dan bagaimana cara merawatnya? Berikut penjelasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (21/11).

BACA JUGA :
7 Gejala penyakit herpes, penyebab dan cara mengobatinya


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags