1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
22 Juli 2021 22:43

25 Manfaat buah naga untuk kesehatan, kecantikan & cara penggunaannya

Terdengar sepele tapi manfaatnya sangat dibutuhkan tubuh manusia Nur Luthfiana Hardian
foto: pexels.com

Brilio.net - Buah naga kerap diolah menjadi segelas jus segar untuk melepas dahaga. Buah yang kaya akan kandungan air ini menjadi sumber cairan yang sehat untuk tubuh. Tak hanya ketika diolah menjadi jus, buah naga juga nikmat ketika dikonsumsi langsung ataupun dijadikan sebagai salad. Cara ini bisa kamu manfaatkan sebagai referensi camilan sehat setiap harinya.

Buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas, molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini. Di samping itu, buah naga juga punya kandungan serat tinggi, yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

BACA JUGA :
5 Penyebab mimisan dan batuk darah yang harus diwaspadai


Nggak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat dari mengonsumsi buah naga pun juga memberikan pengaruh pada kecantikanmu. Nah ketahui lebih lanjut mengenai manfaat buah naga serta cara penggunaannya. Simak penjelasan selengkapnya dalam brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/7) berikut ini.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ketika tubuh memiliki pertahanan yang kuat, maka akan menjadi tameng dari serangan penyakit. Kamu bisa meningkatkan imunitasmu dengan buah naga yang mengandung Vitamin C dan karotenoid. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari serangan penyakit.

2. Menjaga kesehatan usus.

Usus merupakan rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri baik. Apabila terjadi ketidakseimbangan bakteri baik di usus, hal itu akan mempengaruhi kesehatan. Mengingat buah naga mengandung prebiotik, ia berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

BACA JUGA :
12 Manfaat jahe untuk ibu hamil dan cara mengolahnya

3. Membantu proses detoksifikasi.

Buah naga dikenal sebagai antioksidan tinggi. Kandungan ini dikenal bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun dengan lancar.

4. Mencegah diabetes.

Buah naga merupakan sumber makanan dengan rasa manis yang dapat menambah energimu. Menariknya, sifat antioksidan di dalam buah naga juga berfungsi untuk mencegah diabetes melitus, penyakit yang disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

5. Mencegah penyakit jantung.

Buah naga juga menyimpan kandungan lycopene yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Kandungan tersebut juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

6. Meringankan gejala batuk.

Yang nggak kalah menarik, biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi. Cocok untuk membantu penderita asma atau batuk tidak berhenti-berhenti.

7. Memperkuat tulang dan gigi.

Buah naga mengandung mineral, yaitu magnesium, kalsium, dan fosfor. Tiga kandungan ini dapat memperkuat tulang dan gigi. Buah naga juga baik dikonsumsi para ibu hamil. Untuk mencegah pengeroposan tulang.

8. Membantu mengatasi penyakit kronis.

Antioksidan pada buah naga bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Buah naga mampu membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan radang sendi.

9. Kaya akan serat.

Manusia setidaknya membutuhkan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Dengan 7 gram per porsi satu cangkir buah naga, bisa jadi sumber makanan lengkap yang sempurna.

Selain untuk memperlancar pencernaan, serat juga dapat berperan dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags