1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
14 Maret 2016 13:31

10 Cara mudah untuk mengatasi kulit terbakar matahari

Bekas sunburn itu membuat penampilan kamu nggak kece lagi karena berada di tempat yang bisa terlihat. Aprilia Nurohmah

Brilio.net - Habis liburan ke pantai? Pulang-pulang kulitmu menjadi belang akibat terlalu lama terkena sinar matahari? Kulit belang akibat terpapar sinar matahari atau sunburn memang kadang bikin jengkel. Apalagi, jika sampai bekas sunburn itu membuat penampilan kamu nggak kece lagi karena berada di tempat yang bisa terlihat.

Ada beberapa jenis kulit yang kadang mudah mengalami belang dan kemudian pulih kembali tapi ada juga lho yang untuk memulihkan warna kulit ke kulit semula butuh waktu yang lama. Nah, berikut ini brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber 10 cara sederhana untuk menghilangkan sunburn, Senin (14/3):

1. Kompres dengan cuka apel.

foto: effectiveremedies

Campurkan 4 cangkir air dengan setengah cangkir cuka apel, lalu gunakan untuk mengompres kulit yang terbakar. Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit yang tidak lagi normal akibat sunburn.

2. Kompres dengan kantong teh celup bekas.

BACA JUGA :
Ini alasan nggak boleh mencetin jerawat di telinga!



foto: healthcuretips

Daripada dibuang, bekas kantong teh celup juga bisa lho kamu gunakan untuk mengatasi sunburn. Kompres bagian kulit yang belang dengan beberapa kantong teh celup bekas. Kandungan tanin dalam teh bermanfaat mengatasi perih dan mencegah infeksi yang bisa saja terjadi.

3. Masker timun.

foto: skin.co.id

Buatlah masker menggunakan timun, caranya haluskan beberapa potong mentimun kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang mengalami sunburn. Mentimun mengandung antioksidan alami dan sifat analgesik yang baik untuk kulit.

4. Kompres dengan es batu.


foto: skincare


Es batu juga bisa membantu mengembalikan kembali pH kulit normalmu akibat sunburn. Dengan menggunakan bantuan kain bersih kamu bisa mengompres bagian yang terkena sunburn selama 15-20 menit sehari.

5. Mandi dengan air dingin.

BACA JUGA :
6 Penyakit kulit yang mengintai wajah mulusmu, bikin nggak cantik lagi

foto: dailymail

Air dingin bisa membantu memberikan efek dingin pada sunburn. Sebaiknya, jangan gunakan sabun mandi terlebih dahulu. Hanya basahi saja bagian yang mengalami sunburn hingga merata. Karena, penggunaan sabun malah akan menyebabkan kulit semakin terasa kering.

6. Gunakan lotion lidah buaya.

foto: livestrong

Lidah buaya atau aloevera sudah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya juga untuk mengatasi sunburn. Yang kamu perlukan hanyalah telaten untuk merawat kulitmu agar kembali seperti semula.

7. Hindari menggunakan pakaian ketat.

foto: huffingpost

Jika sunburn terletak di bagian tubuh yang biasa tertutup pakaian, sebaiknya jangan gunakan pakaian yang ketat. Serta pakailah pakaian yang memiliki bahan dingin, seperti katun.

8. Berendam dengan baking soda.

foto: homesogood

Setidaknya campurkan satu cangkir baking soda pada bak mandi. Kemudian berendamlah dalam air campuran baking soda beberapa menit. Baking soda memiliki kedua sifat antiseptik dan anti-inflamasi, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi.

9. Gunakan oatmeal.

foto: survival-mastery

Cuci bersih oatmeal kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang mengalami sunburn. Lakukan setiap 2-4 jam sekali perhari. Oatmeal mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai saponin yang berguna untuk membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

10. Atur suhu rumah.

foto: nuga.co

Tutup jendela maupun tiraimu di rumah yang bisa membuatmu terpapar sinar matahari. Usahakan mengatur suhu ruangan atau kamarmu menjadi lebih dingin dari biasanya. Hawa dingin bisa membantu mempercepat pemulihan sunburn.



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags