1. Home
  2. ยป
  3. Kepribadian
18 Agustus 2017 20:32

10 Bukti tanpa kerja sama kamu bisa gagal meraih tujuan

Kerja sama ini sangat penting perannya dalam kita mencapai tujuan besar.
+

Brilio.net - Halo guys, masih ingat dengan pelajaran zaman sekolah dulu yang menyatakan bahwa kita adalah makhluk sosial? Yup, sebagai makhluk sosial, tentunya dalam keseharian kita butuh kerja sama. Dan yang membanggakan, suasana kerja sama ini terasa kental di masyarakat kita. Umumnya disebut dengan gotong royong.

Kerja sama ini sangat penting perannya dalam kita mencapai tujuan besar. Tentunya untuk menuju ke sana, bukanlah hal yang mudah. Terkadang kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Kamu butuh kerja tim yang solid.

BACA JUGA :
Wanita ini pilih tak bermakeup saat menikah, alasannya bikin kagum

Nah, berikut ini ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa tanpa kerja sama, kamu bisa saja gagal meraih tujuanmu. Intip yuk seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/8).

1. Terjatuh saat permainan bakiak.

BACA JUGA :
Sabar Gorky, pendaki satu kaki yang tak pernah kenal kata menyerah

foto: Istimewa

Permainan bakiak yang terpenting adalah kerja sama tim, terutama dalam hal komunikasi dan kekompakan. Kamu harus bisa bekerja sama dengan teman satu tim dan kudu kompak, kaki mana yang akan melangkah lebih dulu. Karena kalau nggak menyeragamkan langkah, kamu bisa jatuh, dan membuat teman lain satu tim kamu ikut terjatuh. Rahasianya adalah harus ada satu orang yang jadi pemimpinnya.

2. Terperosot saat panjat pinang.

foto: Istimewa

Kamu nggak bakalan bisa menang ikut perlombaan ini kalau tidak melakukan kerja sama yang baik. Untuk bisa mencapai puncak dari batang pinang yang telah diberi pelicin, kamu butuh orang untuk mengangkatmu. Kamu nggak bisa memanjatnya sendiri. Semakin tinggi yang ingin dicapai, harus semakin kuat penyangganya. Jika tidak, semua akan terperosot dan harus memulai dari nol lagi.

3. Menabrak teman sendiri.

foto: Istimewa

Komunikasi sangat penting dalam olahraga beregu seperti baseball. Karena salah-salah kamu bisa bertabrakan dengan teman satu tim-mu, dan parahnya kamu bisa justru kalah dalam pertandingan.

4. Memindahkan beban.

foto: Istimewa

Ini bisa terjadi dalam perlombaan, tapi juga bisa saja kamu temui dalam kerja sehari-hari. Ketika kamu harus memindahkan beban yang berat, sudah pasti kamu butuh bantuan orang lain. Bahkan, strategi pemindahan juga bisa menjadi sangat penting dalam menentukan keberhasilan.

5. Terjengkang saat tarik tambang.

foto: Istimewa

Terjengkang dalam permainan tarik tambang tentu menjadi pemandangan yang biasa. Tapi, sebenarnya ini tidak harus terjadi jika tim kamu solid dan punya strategi jitu.

Dalam permainan ini, kamu harus bisa mengatur penempatan orang berdasarkan bobot tubuhnya, letak posisi, hingga ritme tarikan. Nggak asal tarik, guys. Kalau main tarik aja, dijamin tim kamu sulit menang. Yang ada malah banyak yang terjengkang.

6. Terguling saat arung jeram.

foto: Istimewa

Olahraga ini dikenal ekstrem. Kalau nggak punya nyali, mending nggak usah nyobain karena arung jeram cukup berbahaya. Bahaya tersebut bisa diatasi dengan kerja sama tim yang baik.

Saat melakukannya, tim kalian harus benar-benar kompak dan punya strategi jitu. Kamu tentu nggak boleh asal mengayuh karena itu bisa membahayakan dirimu dan tim kamu. Butuh pengetahuan kapan mengayuh di sisi kiri, kapan di sisi kanan, kapan mengayuh maju dan kapan mundur.

7. Menghadang smash.

foto: Istimewa

Dari permainannya, sudah jelas ini butuh kerja tim. Salah satu bentuk nyata yang butuh banget kerja sama adalah saat menghadang pukulan smash dari lawan. Kamu butuh temanmu untuk ikut menahan jika ingin berhasil memblok pukulan lawan. Jika kamu melakukannya sendiri, besar kemungkinan kamu dan tim kamu gagal membendung poin lawan.

8. Pergantian ban saat balapan.

foto: honda-tech.com

Balap mobil merupakan salah satu olahraga super mahal di dunia. Setiap kesalahan juga harus dibayar mahal karena risiko dari olahraga ini bisa sampai kematian.

Sudah banyak kasus pembalap yang tewas karena kecelakaan saat berlaga. Keberhasilan seorang pembalap sangat erat dengan kerja para kru balapnya. Kerja sama yang buruk hanya akan memberikan hasil yang buruk.

9. Kamu bukan Superman.

foto: Istimewa

Saat jelas-jelas kamu dihadapkan pada pekerjaan yang nggak mungkin kamu selesaikan sendiri, hanya satu pilihannya; bekerjalah secara tim. Kamu bukan Superman yang bisa nyelesaiin semuanya sendiri. Kalau kamu nekat melakukannya sendiri, itu namanya konyol.

10. Pekerjaan sederhana pun terkadang butuh kerja sama.

foto: pinterest

Banyak sekali pekerjaan sehari-hari yang sebenarnya kamu itu butuh orang lain untuk bisa menyelesaikannya dengan baik. Contoh sederhana adalah saat kamu memanjat tangga, kamu akan butuh orang lain untuk memegangi tangga itu biar tidak roboh.

Kamu pun tentunya setuju tentang pentingnya arti kerja sama lewat contoh di atas, bukan? Yuk, mulai menghidupkan kembali semangat kerja sama! Apalagi sekarang momennya pas banget, Bulan Kemerdekaan, di mana kemerdekaan ini diraih juga berkat kerja sama semua elemen masyarakat.

Kamu juga bisa berbagi kisah kerja sama kamu lewat ajakan #GrabKerjaSama dari GRAB. Tidak melulu harus tentang tugas besar, sebab kerja sama bisa terjadi dalam skala apa saja. Yang jelas, dari kerja sama itu kamu bisa tunjukkan betapa Luar Biasa Bekerja Sama. Seperti yang ada dalam video dari GRAB tentang indahnya bekerja sama berikut ini, yang pastinya bakal menginspirasimu.


Nah, sekarang, yuk share kisahmu agar semakin banyak orang terinspirasi untuk menjadikan Indonesia Luar Biasa dengan kerja sama!

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags