1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
4 November 2022 23:03

Mengenal Masjid Pathok Nagari Dongkelan, dulu jadi benteng pertahanan

Masjid ini didirikan sebagai penghormatan bagi Kyai Syihabuddin atau Syeh Abuddin atas jasanya terhadap Sultan Hamengkubuwono I. Brilio.net
Keunikan masjid pathok terlihat dari bentuk arsitekturnya

Arsitektur masjid yang dibangun Keraton Yogyakarta ini sebagian masih menyisakan ciri khas masjid keraton pada masa itu. Pilar-pilar penyangga masjid tampak minimalis, hanya ada sedikit goresan motif ukiran. Lantai masjid dulunya berwarna hitam, kini hanya digantikan keramik putih polos. Kemudian terdapat bedug tua berumur sekitar 116 tahun yang berada di sayap utama serambi masjid. Masjid ini memiliki luas kurang lebih 200 meter persegi.

Fungsi dan keunikan Masjid Pathok Dongkelan.

BACA JUGA :
Bangsal Sri Manganti, bangunan sejarah berarsitektur nuansa Jawa unik



foto: brilio.net/Feni Listiyani

Salah satu fungsi Masjid Pathok Nagari adalah sebagai benteng pertahanan. Masjid ini juga berfungsi sebagai pemberi tanda jika ada serangan dari musuh.

BACA JUGA :
Ekowisata Sungai Mudal, swadaya dari warga untuk warga

Keunikan masjid pathok terlihat dari bentuk arsitekturnya. Pertama, atap tumpang atau bertingkat yang melambangkan roh atau hakikatnya amal perbuatan manusia. Kedua, soko guru berukuran besar yang berada di tengah ruangan untuk menopang atap. Ketiga, undakan yang memiliki arti tahapan proses mencapai pengampunan Allah.

Selain digunakan untuk tempat ibadah, masjid ini juga digunakan untuk beberapa acara masyarakat sekitar. Di antaranya sebagai tempat acara pernikahan, rapat RT/RW sekitar, pengajian, serta kegiatan wisata religi di area masjid dan makam.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags