1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
25 Juni 2019 14:19

7 Wisata Dieng dengan panorama alam indah yang sayang dilewatkan

Siapkan pakaian tebal karena Dieng dikenal bersuhu dingin. Lola Lolita
Dataran Tinggi Dieng/foto: Instagram @novemlawalata

Brilio.net - Suhu udara di dataran tinggi Dieng akhir-akhir ini mencapai titik beku bahkan minus. Alhasil, di beberapa lokasi air embun berubah seperti bulir-bulir salju yang dalam warga lokal menyebutnya Bun Upas.

Peristiwa yang sering terjadi setiap musim dingin di Dieng ini di satu sisi menambah daya tarik wisata. Namun di sisi lain menjadi momok bagi para petani. Sebab, salju Dieng menyebabkan kematian bagi sejumlah jenis tanaman hortikultura, seperti kentang.

BACA JUGA :
Selain Dieng, Gunung Bromo dan Semeru juga diselimuti embun es


Dikutip dari Liputan6.com, Selasa (25/6), daratan yang memiliki ketinggian di atas 2.000 mdpl ini mencakup Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dieng yang merupakan kawasan dataran tinggi ini menjadi salah satu bagian dari pegunungan vulkanik aktif yang ada di pulau Jawa.

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau memiliki banyak objek wisata yang dapat dieksplorasi. Baik itu wisata alam hingga wisata budaya. Dieng juga menyuguhkan alam hijau dengan masyarakat yang ramah dan lahan pertanian yang berundak-undak sepanjang bukit.

Dikarenakan lokasinya yang cukup strategis yaitu terletak di tengah Pulau Jawa, maka pengunjung dari berbagai kota besar di Pulau Jawa mudah untuk mengakses tempat ini. Di waktu tertentu, Dieng juga menyelenggarakan berbagai festival lho. Tak heran jika banyak pengunjung semakin tertarik untuk datang ke objek wisata satu ini.

BACA JUGA :
7 Potret Dieng bersuhu -9 derajat celcius, dinginnya bak di Eropa

Nah berikut ini tujuh tempat wisata di Dieng cukup terkenal dan menjadi tujuan banyak turis. Tempat-tempat itu menyajikan panorama alam yang indah, sehingga kamu nggak bakal nyesel berwisata ke sana.

1. Candi Arjuna.

View this post on Instagram

Menikmati Dieng Dengan Suhu 0C Sampai Minus 4C #dieng #diengtourista #travelphotography

A post shared by Reservasi Wisata Dieng (@dieng_tourista) on

Gunung Prau sendiri sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang memanjang seperti sebuah perahu. Dan puncak gunung ini berada pada ketinggian 2.565 mdpl sehingga suhunya akan terasa dingin, terlebih lagi pada malam dan pagi hari.

Saat berada di puncak Gunung Prau, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi gunung yang berada di Jawa Tengah ini adalah menikmati sunset dan sunrise. Dari puncak gunung, para pendaki dapat menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan pemandangan tersebut akan lebih terasa ketika kamu sedang beruntung cuaca saat itu sedang mendung.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags