1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
15 Februari 2016 07:00

15 Alasan wisata sendirian ke luar negeri sangat murah, mudah dan aman

Tak perlu ragu, bakal banyak kemudahan yang akan kamu dapatkan saat ini.
+

Brilio.net - Traveling ke luar negeri bukanlah mimpi lagi, kemudahan dalam mewujudkannya akan menambah motivasi kamu untuk pergi meskipun sendiri. Tak sedikit traveler dari Indonesia yang berani melangkahkan kakinya ke luar negeri meskipun sendirian atau solo traveler. Tentunya kamu juga bisa melangkahkan kaki ke luar negeri seperti mereka guys.

Tak perlu ragu, bakal banyak kemudahan yang akan kamu dapatkan saat ini. Seperti halnya harga tiket pesawat yang terjangkau, area yang aman buat wisatawan dan juga makanan ala Indonesia yang bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Namun, kamu harus percaya diri dan tak malas untuk mencari info.

Kamu sudah percaya diri dan berani, terus bagaimana? Kamu tak usah bingung dengan rencana dan keuangan yang kamu keluarkan. Toh, banyak juga traveler yang membagikan tips dan trik bisa jalan-jalan di luar negeri dengan budget murah.

Kamu harus liburan ke luar negeri guys. Berikut brilio.net, Senin (15/2) jelaskan 15 alasan wisata sendirian ke luar negeri sangat murah, mudah dan aman.

1. Butuh paspor, tinggal bikin online saja.


foto: youtube.com

Kamu mau ke luar negeri, harus punya paspor dulu dong. Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, simpelnya sebagai KTP kamu saat berada di luar negeri. Nah, paspor ini bisa kamu gunakan untuk memasuki negara bebas visa, seperti Singapura dan Malaysia.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini kamu tak perlu datang ke kantor imigrasi untuk bikin paspor. Cukup melalui pendaftaran online, kamu sudah bisa membuat paspor lho. Kamu bisa buka situs resmi imigrasi dan cari menu pembuatan paspor online, simpel dan sangat mudah.

2. Harga tiket pesawat ke luar negeri tak mahal, cocok di kantong kamu.


foto: airasia.com

Banyaknya maskapai penerbangan di Indonesia, berbanding lurus dengan semakin murahnya tiket penerbangan ke luar negeri. Tentu hal tersebut disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan oleh maskapai, seperti bagasi gratis dan sebagainya. Tinggal kamu saja yang memilih, sesuaikan dengan budget dan keperluan yang lainnya.

3. Banyak penginapan yang bisa kamu pesan sebelum berangkat.


foto: blackpackers.net

Kemudahan dalam mencari akomodasi penginapan bisa kamu lakukan melalui online. Terlebih banyak maskapai penerbangan yang juga menyediakan akomodasi pemesanan tiket pesawat sekaligus hotel di lokasi yang kamu tuju. Selain itu, banyak penginapan di luar negeri yang menawarkan harga bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga mahal. Banyak tipe penginapan yang bisa kamu pilih, mulai dari hostel, homestay, hotel.

4. Harga penginapan di luar negeri sangat terjangkau.


foto: hostelworld.com

Mau irit? Cari penginapan yang sesuai kantong. Kamu bisa coba untuk menginap di kamar dormitori yang mana dalam satu kamar berisi beberapa tempat tidur. Selain murah, keamanan barang kamu bisa terjaga dengan disediakannya loker khusus. Tentu harga menginap di sini lebih murah daripada hotel.

5. Banyak maskapai yang rutin kasih promo tiket, bahkan gratis.


foto: airasia.com

Pernah naik pesawat dengan harga tiket gratis? Tentu, traveler di Indonesia sudah sangat lazim dengan promo gila-gilaan maskapai bercat merah, AirAsia. Bayangkan saja, tiket ke luar negeri bisa di tebus dengan nol rupiah saat mereka mengadakan promo. Kamu hanya dibebankan biaya tax atau semacamnya. Tak heran jika maskapai AirAsia sudah memiliki fans militan yang setia menunggu promo setiap harinya.

6. Info tentang solo traveling ke luar negeri sangat banyak di internet.


foto: airasia.com

Butuh info tentang destinasi di luar negeri, silahkan kamu cari saja di internet. Dijamin bakal banyak banget informasi traveler yang sudah pernah menginjakkan kakinya di luar sana. Selain itu, kamu bisa menemukan informasi terkait harga transportasi, makanan dan area yang harus kamu datangi di sana.

7. Tak perlu merasa sendiri, kamu bakal bertemu banyak traveler dari berbagai negara.


foto: airasia.com

Sendiri? Mungkin saat awal menaiki pesawat kamu bakal merasakan kesendirian. Tapi coba tengok kiri dan kanan, banyak traveler yang berangkat ke luar negeri sendirian dan bakal bisa menjadi teman sharing kamu jika tak sengaja bertemu di perjalanan.

8. Nggak perlu khawatir akses internet karena di bandara banyak provider menyediakan paket data internet khusus turis.


foto: post307.wordpress.com

Saat di bandara, kamu bisa meminta petugas untuk menunjukkan area provider telekomunikasi yang menjual paket data internet buat traveler. Seperti halnya di Kuala Lumpur, ketika kamu turun dari area imigrasi bandara KLIA2, terdapat area pertokoan bandara yang menyediakan kios operator seluler seperti Celcom, DiGi, dan Maxis.

Minta bantuan petugas di sana untuk mendapatkan penawaran paket data internet yang murah. Namun jika kamu malas untuk berganti kartu, kamu bisa membeli paket data internet dari provider Indonesia sebelum berangkat.

9. Jangan takut bingung arah, ada Google Maps yang akan membantumu.


foto: tripomatic.com

Salah satu keunggulan menggunakan smartphone saat ini yaitu dengan Google Maps. Tak perlu bingung harus berjalan ke mana. Cari lokasi yang ingin kamu tuju, terlebih jika kamu sedang berjalan kaki. Simpel dan mudah, atau bisa juga kamu menyimpan capture dari Google Maps untuk berjaga-jaga saat internet smartphone kamu sedang off.

10. Cukup gunakan aplikasi rekomendasi makanan untuk menemukan tempat makan yang sesuai.


foto: play.google.com.

Gunakan aplikasi mobile yang merekomendasikan tempat makan di sekitar kamu saat traveling, dan hal tersebut sangat mudah pakai. Meskipun kamu sudah mencatat area tempat makan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Paling tidak, aplikasi akan memberimu opsi menarik lainnya jika dibutuhkan.

11. Transportasi di luar negeri tertata rapi, tapi ada juga yang nggak teratur. Cari tipsnya sebelum berangkat.


foto: airasia.com

Tak perlu bingung, semua rute dan tujuan transportasi sangat gampang kamu temukan, dan tingkat kedisiplinan armada yang tinggi. Banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan di sana, tergantung destinasi yang kamu tuju. Bisa menggunakan bus, mass rapid transit (MRT) atau yang lainnya.

12. Banyak buku yang menjelaskan mudahnya traveling ke luar negeri, bawa satu untuk dibaca saat perjalanan.


foto: travelerwannabe04.blogspot.com

Membeli buku tentang pengalaman seseorang menjadi solo traveler ke luar negeri tak ada salahnya. Kamu bisa banyak belajar dan mencari tips sebelum berangkat atau pun saat dalam perjalanan di luar negeri. Buku tersebut bisa kamu bawa dan pegang jika membutuhkan info lebih lanjut.

13. Ikuti itinerary yang sudah kamu buat, dijamin perjalanan kamu aman.


foto: forbes.com

Catat dan rangkum rute perjalanan kamu dari awal hingga akhir. Hal ini mengantisipasi ketidakjelasan perjalanan yang akan kamu ambil, terlebih kamu akan dimudahkan jika pihak imigrasi menyakan tujuanmu memasuki negaranya. Selain itu, kamu juga bisa mengatur jadwal perjalananmu seefisien mungkin.

14. Posting keinginanmu untuk ke luar negeri di grup traveler yang ada di Facebook, pasti bakal banyak yang kasih saran dan tips.


foto: facebook.com

Banyak grup traveler di media sosial seperti Facebook. Pantau dan ikuti grup tersebut, kamu bakal menemukan banyak cerita dan tips dari anggota grup di sana. Selain itu, kamu juga bisa men-share agenda solo travelingmu ke luar negeri untuk pertama kalinya. Mungkin saja bakal banyak masukan dan tips yang bakal menjadi modal kamu untuk lebih percaya diri untuk solo traveling.

15. Cukup dengan fokus dan percaya diri, langkahmu menginjakkan kaki di luar negeri esok akan menjadi mimpi yang terwujud.


Foto: lostintransit.org

Fokus dan yakinkan diri kamu bisa untuk traveling sendirian ke luar negeri. Kemudahan dan keamanan yang telah dirasakan banyak traveler Indonesia bisa kamu jadikan motivasi. Tak perlu ragu, percaya akan kemampuan diri kamu untuk mewujudkan mimpi jalan-jalan di luar negeri. Jangan menunggu, lakukan dan langkahkan kaki kamu sekarang juga guys.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags