1. Home
  2. ยป
  3. Ilmiah
4 Maret 2016 19:02

Obat nyamuk semprot bisa sebabkan kematian, ini penjelasannya!

Jika kerap digunakan bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf Andi Rosita Dewi

Brilio.net - Nyamuk adalah salah satu jenis serangga yang paling mudah ditemui. Apalagi di negara-negara tropis seperti Indonesia. Keberadaan nyamuk tak jarang menganggu mengganggu dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menghilangkannya dengan menggunakan pembasmi serangga.

Jenis pembasmi serangga yang banyak digunakan adalah pembasmi serangga jenis obat nyamuk semprot. Keberadaan dari cairan pengusir serangga ini bukanlah hal baru. Pada saat perang dunia II berlangsung, prajurit Amerika Serikat sering menggunakan cairan pembunuh serangga yang mengandung DEET (Dietil Toluamide) untuk mengusir serangga.

BACA JUGA :
13 Ilustrasi ini ungkap suka duka jadi ibu hamil, jangan durhaka ya!



Penggunaan DEET dalam obat nyamuk semprot memang telah mengalami kajian sejak 1998. Hasil dari pengujian tersebut menyatakan kalau DEET bisa digunakan asalkan dalam kadar yang wajar. Sebagaimana dilansir brilio.net dari Livescience. Institut Pengembangan Penelitian di Prancis baru saja menyelesaikan sebuah penelitian tentang pengaruh penggunaan obat nyamuk semprot terhadap kesehatan.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa DEET yang terkandung dalam obat nyamuk semprot dapat memblokir enzim cholinesterase yang penting untuk transmisi pesan dari otak ke otot-otot. Apabila manusia sehari-hari secara rutin terkontaminasi dengan zat DEET, maka bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf, air liur berlebihan, kejang otot hingga kematian. Sehingga penggunaan zat kimia yang mengandung DEET seperti obat nyamuk semprot sebaiknya dihindari.

Para peneliti pun mulai menyarankan pengurangan penggunaan obat nyamuk semprot dan diganti dengan picaridin. Sebagai informasi piacaridin adalah zat yang berasal dari lada. Zat tersebut diyakini mampu mengusir serangga dan tentunya aman bagi kesehatan. Selain itu juga disarankan menggunakan tumbuhan seperti lavender dan berbagai jenis tumbuhan lainnya.

Diet DEET memang perlu diterapkan sejak dini, apalagi anak-anak sangat mudah terkontaminasi dengan zat kimia tersebut. Memang ada baiknya menggunakan tumbuhan alami untuk mengusir serangga demi kesehatan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags