1. Home
  2. ยป
  3. Ilmiah
21 April 2016 19:33

Drone buatan mahasiswa UI ini bisa menyelam di laut, keren banget!

Biaya yang dihabiskan untuk membuat satu drone sekitar Rp15 juta. Islahuddin

Brilio.net - Selama ini kita tahunya pesawat tanpa awak (drone) adalah perangkat yang digunakan di udara. Nah mulai sekarang buang jauh-jauh pandangan bahwa drone itu selalu urusannya dengan udara ya.

Sebab, baru-baru ini, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan drone untuk keperluan di dalam air lho. Bahkan, karya kelompok mahasiswa jurusan Perkapalan Fakultas Teknik UI ini juga bisa bekerja di permukaan laut.


Menurut Zulfah Zikrina, salah satu anggota tim robotik ini, drone dalam air ciptaan mereka menggabungkan dua fungsi yaitu otomatis dan manual. Pengguna bisa memilih antara dua fungsi tersebut, kata Zulfah kepada brilio.net di Jakarta.

Zulfah menambahkan, drone ini bisa mencapai kedalaman hingga 100 meter. Selama ini drone di dalam air tersebut dipergunakan untuk observasi sebuah benda yang ada di dalam air. Drone dilengkapi kamera dan bisa langsung memantau benda yang diobservasi dari layar monitor yang ada di daratan, kata Zulfah.

Saat ini drone buatannya mempunyai kecepatan 1 meter per detik untuk maju dan 0,5 meter per detik untuk turun ke bawah permukaan laut. Zulfah mengaku semua alat yang dipakai drone ini bisa didapat di dalam negeri. Hanya baling-baling yang mereka beli dari luar negeri. Biaya yang dihabiskan untuk membuat satu drone sekitar Rp15 juta. Namun Zulfah yakin jika diproduksi dalam jumlah banyak, biaya yang diperlukan tidak akan sampai Rp10 juta.

Beberapa waktu lalu mereka sempat menjajaki kerjasama dengan sebuah perusahaan minyak dan gas dalam negeri untuk memproduksi drone tersebut, namun karena beberapa hal, kerja sama ini belum bisa dilakukan. Perusahaan migas itu selama ini masih menggunakan drone yang mereka sewa dari luar negeri. Pada prinsipnya produk kami bisa diproduksi dalam jumlah banyak, tambah Zulfah.

Drone ini sebenarnya bisa dirancang sesuai dengan misi yang diinginkan. Saat ini mereka misalnya mengembangkan untuk membuat drone yang bisa dipergunakan untuk mendeteksi jumlah ikan. Termasuk untuk berbagai misi lain. Prinsipnya drone ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tergantung penyesuaian pada produk drone tersebut. Tuh keren kan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags