1. Home
  2. ยป
  3. Global
14 April 2020 17:01

5 Kisah haru petugas kebersihan RS saat wabah corona

Profesi mereka sangat berisiko karena berinteraksi langsung dengan pasien corona Weni Arfiyani

Brilio.net - Pandemi corona hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia. Virus yang berawal dari Wuhan, China ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia dan menimbulkan banyak korban jiwa. Saat ini, berbagai negara telah menerapkan social distancing guna mencegah rantai penyebaran virus ini. Selain itu, di beberapa negara juga dilakukan lockdown untuk mencegah meluasnya virus ini.

Di tengah wabah corona, para petugas medis bekerja di garda terdepan untuk memerangi virus ini. Tak sedikit yang bekerja nonstop untuk merawat pasien corona. Bahkan, mereka harus rela terpisah sementara dari keluarga demi merawat pasien Covid-19. Paramedis ini bekerja bertaruh nyawa demi menyelamatkan pasien corona.

Selain paramedis, petugas kebersihan rumah sakit juga selayaknya mendapat perhatian khusus. Pasalnya, mereka juga bekerja dalam risiko terpapar virus corona. Para petugas kebersihan ini memang jarang tersorot, namun tugasnya sangat penting bagi pasien. Para petugas kebersihan ini harus membersihkan ruangan tempat pasien corona dirawat serta membersihkan sampah klinis bekas perawatan pasien.

Tentu saja, pekerjaan ini sangat berisiko mengingat mereka juga berinteraksi langsung dengan pasien corona. Di balik pekerjaan itu, ada kisah-kisah mengharukan para petugas kebersihan rumah sakit yang jarang terekspos.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (14/4), berikut 5 kisah haru petugas kebersihan RS yang bertugas saat wabah corona.


1. Petugas kebersihan membersihkan sampah klinis yang rawan terkontaminasi virus.



Sebuah rumah sakit di Barcelona, Spanyol mengunggah sebuah video yang mengharukan petugas rumah sakit saat menangani virus corona. Rumah sakit bernama Hospital Sant Joan de Deu CAT ini mengunggah video melalui akun Twitter-nya @SJDbarcelona_ca pada 27 Maret 2020 lalu.

Dalam video yang viral di dunia maya tersebut, tampak seorang petugas kebersihan rumah sakit tersebut dihujani tepuk tangan dari paramedis setelah ia keluar ruangan isolasi membawa peralatan kebersihan.

Apresiasi ini diberikan oleh paramedis yang sudah berkumpul di depan ruangan dan menyambut hangat petugas kebersihan itu. Melalui unggahannya, pihak rumah sakit menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada petugas non-medis yang tetap menjalankan tugasnya di tengah pandemi corona.

"Hari ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas kebersihan, keamanan, dapur, infrastruktur, yaitu semua profesional non-kesehatan yang terus melakukan tugas mereka dalam keadaan luar biasa karena #Covid-19. Tepuk tangan untuk mereka," tulis akun Twitter rumah sakit tersebut.




SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags