Brilio.net - Eksplorasi fotografi outdoor itu sangat menyenangkan. Kamu harus berkolaborasi dengan alam untuk bisa mendapatkan hasil bidikan yang estetik. Bermodal background pemandangan indah, karyamu akan terlihat beda. Yup, misalnya model berpose semenarik mungkin dengan background langit biru yang cerah.

BACA JUGA :
Tutorial memotret model dengan sentuhan garis cahaya, bisa pakai HP

Jangan khawatir, ada beberapa trik rahasia memotret model dengan langit biru tanpa overexposed, loh. Apa saja rahasianya? Berikut adalah ulasan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/9).

1. Pilih hasil foto RAW daripada JPG.

BACA JUGA :
Cara menghilangkan kerumunan orang di foto langsung dari smartphone

foto: shutterstock.com

Ketika memotret menggunakan kamera, ada beberapa pilihan output file yang bisa dipilih seperti JPG ataupun RAW. Untuk hasil lebih baik, disarankan untuk setting terlebih dahulu kameramu dengan format file RAW. Format ini dikenal sebagai file gambar yang tidak dikompres dan tidak diedit.

File RAW pada umumnya lebih besar daripada JPEG. Hal ini karena format RAW menyimpan lebih banyak informasi daripada JPG. Informasi yang lebih banyak ini memberikan ruang gerak yang lebih luas ketika datang saatnya foto diedit.

2. Gunakan mode manual.

foto: shutterstock.com

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan beberapa perubahan settingan kamera dengan mode manual. Pada mode ini terdiri atas 3 settingan dasar yakni ISO, shutter speed, dan aperture. Ketiga settingan ini disebut segitiga exposure yang akan bekerjasama dan akan mempengaruhi kecerahan atau tingkat eksposur gambar.

Sebaiknya sesuaikan settingan kamera sesuai kebutuhan. Nah, tak masalah kamu menghasilkan foto yang memiliki sedikit pencahayaan daripada foto yang overexposed atau terlalu terang. Karena dalam proses pengeditan lebih baik memperbaiki foto yang kurang terang dibandingkan foto yang terlalu terang.

Semua rahasia memotret model dengan langit biru tanpa overexposed ini bisa kamu lakukan dengan smartphone. OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan kemampuan potrait yang paling mumpuni. Menariknya kamu bisa memanfaatkan kamera smartphone OPPO Reno8 5G yang memiliki beberapa fitur menarik di antaranya bisa mengurangi noise dan hasil jepretan akan terlihat jelas dan bagus. Terlebih terdapat fitur seperti Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait.

Hasil foto malam yang dihasilkan oleh kamera utama Reno8 Pro 5G terlihat tajam dan minim noise. Terlebih aplikasi kamera juga secara otomatis bisa mengaktifkan mode malam untuk menghasilkan foto yang lebih jernih lagi. Pada mode Bokeh Flare Portrait di mana lampu-lampu pada latar foto akan diproses sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik.

Sedangkan pada fitur AI Color Portrait di mana fotonya memiliki latar hitam putih sedangkan subjek foto akan tetap memperlihatkan warnanya. Keunggulan kamera belakang OPPO Reno8 Pro 5G turut didukung dengan dua sensor flagship rancangan Sony, yakni sensor Sony IMX766 pada kamera belakang dan Sony IMX709 RGBW pada kamera depan.

foto: Instagram/oppoindonesia

OPPO Reno8 Pro 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 8100-MAX untuk menghadirkan kinerja ponsel yang lebih baik. Prosesor octa-core itu mempunyai delapan core dengan kecepatan core maksimal 2.85 GHz. Konstruksi chip ini menggunakan empat core besar dan empat core kecil untuk performa maksimal.

Pilihan RAM 8 atau 12 GB semakin melancarkan proses content creation. Terlebih memori penyimpanan lega sebesar 256 GB siap menampung semua hasil foto dan video dari smartphone ini.

Tak hanya itu, smartphone ini didukung daya baterai 4.500 mAh di samping teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 80 watt. Dengan prosesor yang mumpuni serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja OPPO Reno8 Pro 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengguna hanya perlu 12 menit untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen.

Makin penasaran dengan fitur menarik lainnya dari OPPO Reno8 Pro 5G? Untuk informasi lebih lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

3. Posisikan model menghadap matahari.

foto: shutterstock.com

Posisi pemotretan kamu sangat berpengaruh loh dengan hasil fotomu. Salah satu tips terbaik agar hasil foto terlihat maksimal yakni memosisikan model menghadap matahari. Hal ini bermaksud untuk menghindari latar belakang yang terlalu terang serta hasil gambar yang backlight. Jangan lupa sebelum memulai pemotretan, ambil foto percobaan terlebih dahulu ya!

4. Potret model dengan beberapa exposure.

foto: shutterstock.com

Sangat penting untuk kamu mengetahui kapan langit berwarna biru sehingga memudahkan untuk mendapatkan foto dengan background langit biru. Waktu yang terbaik adalah pagi hari mulai jam 6 sampai 10 siang ataupun pada sore hari dimulai pada jam 2 sampai dengan 4 sore. 

Pada siang hari saat matahari sejajar dengan subjek, maka hasil gambar akan overexposed. Pengaturan exposure dan tingkat cahaya akan membuat foto kian estetik. Jadi kamu bisa mencoba memotret model dengan beberapa exposure di waktu pagi atau sore hari.

5. Satukan deretan foto tersebut di software editing.

foto: shutterstock.com

Setelah proses pengambilan foto dengan beberapa exposure, kamu bisa menyatukannya dalam proses editing. Sebaiknya model memiliki pose yang sama dalam tiga gambar terpisah agar mudah diedit.

Momen memotretmu pun akan semakin asyik dengan mendengarkan musik memakai OPPO Enco Buds loh. OPPO Enco Buds sudah dibekali sertifikasi IP54, jadi tahan keringat atau percikan air.

foto: Oppo Indonesia

Dengan OPPO Enco Buds suara tertinggi dan bass terdalam dengan driver dinamis 8mm yang dirancang untuk menyalurkan pengkodean audio AAC terbaru sehingga kamu dapat mendengarkan musik secara utuh. Tak perlu lagi mengutak-atik earbuds, OPPO Enco Buds akan secara otomatis menyala sendiri saat kamu membuka case pengisian.

OPPO Enco Buds ini sendiri memiliki desain yang ringkas sehingga memiliki kesan yang mewah dan minimalis. Dengan case pengisi daya yang dirancang dengan sempurna dan case bodi earbud mengkilap yang bersinar seperti pantulan pantai di bawah sinar matahari, OPPO Enco Buds menawarkan tampilan elegan yang dapat dinikmati saat dikenakan.

Dengan desain yang dirancang secara ergonomis dengan berat hanya 4 gram untuk masing-masing earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda, satu- satunya cara untuk mengenakan OPPO Enco Buds adalah dengan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO Enco Buds klik di sini.

RECOMMENDED