1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
5 Februari 2022 03:05

Lagi booming di kalangan gamers, ini 7 kelebihan keyboard mechanical

Keyboard mechanical dianggap lebih efektif karena memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan keyboard biasa atau jenis membrane. Brilio.net
foto: rexus.id

Brilio.net - Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah PC atau Personal Computer. Selain sebagai alat ketik, keyboard juga digunakan untuk melakukan perintah atau command dengan menekankan beberapa keys secara bersamaan.

Belakangan ini mulai bermunculan beragam jenis keyboard baru, misalnya keyboard mechanical. Penggunaan keyboard mechanical sendiri dianggap lebih efektif karena memiliki beberapa kelebihan. Jika digunakan oleh para gamers, tentunya keyboard jenis ini bakal menambah feel dalam bermain game.

BACA JUGA :
Ini alasan di balik pemberian tonjolan pada huruf F dan J di keyboard


Berikut ini merupakan 7 kelebihan keyboard mechanical bagi para gamers, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (04/02).

1. Tingkat durabilitas.

Keyboard mechanical merupakan salah satu keyboard yang memiliki tingkat durabilitas atau ketahanan yang tinggi. Beberapa keyboard dapat bertahan hingga 50 juta kali klik, dengan demikian keyboard mechanical tentunya dapat lebih awet jika dibandingkan dengan keyboard biasa atau jenis membrane. Utamanya bagi para gamers yang sering menggunakan tombol yang sama seperti A, S, W, D tentu tidak perlu khawatir jika tombol tersebut akan rusak duluan.

BACA JUGA :
25 Trik keyboard yang memudahkan pengoperasian komputer, penting

foto: Fantech ID

2. Meminimalisir ghosting saat digunakan.

Sederhananya, ghosting sendiri terjadi ketika kamu menekan tombol secara bersamaan namun hanya satu tombol yang berfungsi sesuai perintah. Misalnya ketika menekan tombol A dan W secara berbarengan, hanya A saja atau W saja yang menjalankan perintah.

Jika menggunakan keyboard mechanical, kamu tidak akan mengalami ghosting. Sehingga kamu pun dapat bermain game kesayangan tanpa adanya gangguan performa dari keyboard.

3. Mempermudah perawatan keyboard.

Keyboard mechanical didesain agar penggunanya mudah dalam melepas setiap keys yang ada pada keyboard. Oleh karena itu kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam membersihkan bagian dalam keyboard.

Selain itu biasanya produsen keyboard menyertakan alat pencabut keys dalam setiap paket pembelian, sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara melepas setiap keys pada keyboard.

foto: rexus.id

4. Mempermudah modifikasi.

Banyaknya keys modifikasi yang dijual secara bebas di pasaran membuat pengguna keyboard mechanical cenderung lebih mudah dalam memodifikasi keyboard mereka. Dengan kata lain, apabila mereka merasa bosan dengan desain keyboard-nya saat ini, mereka bisa membeli modifikasi keys yang tersedia di pasaran untuk memodifikasi atau memperindah tampilan keyboard miliknya.

foto: indogamers.com

5. Bobot yang lebih berat.

Ketika bermain game, sering kali keyboard mudah bergeser karena bobotnya yang cukup ringan. Kondisi tersebut kadang membuat para pengguna merasa kurang nyaman dalam menggunakan keyboard.

Lain halnya dengan keyboard mechanical yang memiliki bobot lebih berat daripada keyboard biasa. Keyboard mechanical cenderung tidak lebih mudah bergeser karena didesain agar tetap nyaman ketika digunakan untuk gaming. Oleh karena itu, tentu saja para gamers akan merasa lebih nyaman ketika memainkan game kesayangan mereka.

6. Suara ketikan yang lebih mantap.

Keyboard mechanical didesain agar memiliki suara yang berbeda dibanding keyboard biasa. Sensasi menggunakan keyboard mechanical dirasa lebih memuaskan saat digunakan. Maka dari itu sensasi saat bermain game terasa lebih menyenangkan karena dipadukan dengan suara keyboard yang lebih mantap didengar.

foto: rexus.id

7. Lebih bergaya.

Salah satu alasan banyak gamers memilih keyboard mechanical karena desain dari keyboard tersebut sangat beragam. Tidak seperti keyboard biasa yang didesain standar, keyboard mechanical dapat didesain dan di-custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Bahkan tidak jarang produsen keyboard yang menerima customization khusus dari pelanggan yang ingin membeli keyboard. Oleh karena itu keyboard jenis mechanical lebih bergaya dibanding keyboard jenis biasa.

Reporter: Khaamiim Yazid

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags