1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
18 Januari 2020 10:01

Cara mengubah tampilan iPhone jadi dark mode, makin keren

Bikin tampilan iPhone-mu semakin elegan dan nggak monoton Lola Lolita
foto: finance.yahoo.com

Brilio.net - Pada akhir 2019, fitur dark mode sedang dipromosikan oleh beberapa aplikasi untuk para penggunanya. Salah satu aplikasi yang pertama mencoba fitur ini adalah Instagram, tepatnya pada Oktober lalu. Ternyata fitur dark mode ini mendapat respons positif dari penggunanya, tak sedikit dari mereka yang menyukai tampilan baru Instagram tersebut.

Ada beberapa keuntungan menggunakan dari mode, salah satunya berpengaruh pada mata kamu yang tidak mudah lelah jika dibandingkan dengan menggunakan mode terang seperti biasanya. Tak hanya itu saja, dark mode juga memberikan keuntungan lain bagi penggunanya, yakni membuat kapasitas pemakaian baterai lebih irit. Tapi itu hanya berlaku untuk kamu yang memiliki fasilitas layar AMOLED di smartphone kamu.

Setiap piksel di layar OLED memiliki cahayanya sendiri, sehingga dalam mode gelap (biasanya hitam), pada dasarnya mematikan cahayanya. Lebih sedikit lampu yang digunakan setara dengan lebih sedikit energi yang digunakan, yang pada akhirnya dapat menghemat baterai.

Dark mode kini menjadi yang begitu diunggulkan, sehingga tak heran jika banyak yang mencari bagaimana caranya agar smartphone mereka bisa menampilkan fitur dark mode, termasuk mereka pengguna iPhone.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana caranya, berikut cara mengubah tampilan iPhone menjadi dark mode, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (18/1).

Cara aktifkan dark mode di iPhone
1. Pilih Control Center
2. Tap dan tahan slider Brightness
3. Tap toggle Mode Gelap di sudut kiri bawah layar
4. Toggle akan berubah putih ketika Dark Mode diaktifkan
5. Ulangi proses di atas jika kamu ingin mematikannya

Cara aktifkan dark mode lewat pengaturan iOS
1. Buka menu Settings
2. Pilih Screen & Brightness
3. Ketuk Dark
4. Ulangi proses ini jika kamu ingin kembali ke Light Mode

Cara aktifkan dark mode iOS secara otomatis
Jika kamu tidak ingin terus-terusan menggunakan dark mode, namun kamu ingin terjadwal, kamu bisa mengaturnya secara otomatis.

1. Buka menu Settings
2. Pilih Display & Brightness
3. Tap toogle Automatic untuk mengaktifkannya
4. Tap Options
5. Pilih antara Sunset to Sunrise, atau Custom Schedule
5. Ulangi proses di atas jika Anda ingin mematikan Mode Gelap Otomatis

Cara mengaktifkannya dark mode di iOS 12
Jika iPhone kamu masih menggunakan iOS 12 dan kamu ingin mengaktifkan dark mode, kamu bisa dengan mudah mengaturnya. iOS 12 punya fitur Smart Invert Colors bawaan. Fitur ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif dark mode iOS 12.

1. Masuk ke setting
2. Pilih Accessibility
3. Klik Screen Accomodation
4. Invert Colors lalu nyalakan Smart Invert

Jika smartphone kamu tidak mendukung Smart Invert, maka smartphone akan menampilkan invert tradisional, yaitu mengembalikan semua warna termasuk file media seperti foto dan video.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags