1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
11 Desember 2019 04:06

Apa itu FB Lite? Ini 10 keunggulan dan kekurangannya

FB Lite memudahkan penggunanya yang memiliki jaringan internet terbatas. Rizka Mifta
foto: istimewa

Brilio.net - Media sosial rasanya saat ini menjadi kebutuhan dan hampir dimiliki semua orang. Berselancar di dunia maya untuk menambah lingkar pertemanan, mengembangkan bisnis, atau sekadar memenuhi hobi dapat dilakukan menggunakan media sosial. Di era milenial ini, media sosial bahkan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai informasi.

Berbagai jenis media sosial hadir dengan keunggulannya masing-masing. Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak fans dan masih bertahan hingga saat ini. Lahir sejak tahun 2004, Facebook atau FB berhasil mempertahankan penggunanya untuk tetap setia. Meskipun banyak media sosial baru yang memiliki fitur yang menarik, namun karya Mark Zuckerberg ini tak kalah dalam menciptakan inovasi-inovasi baru.

BACA JUGA :
Instagram sembunyikan jumlah likes, ini alasan dan keuntungannya


Facebook yang dulu hanya bisa di akses melalui personal computer (PC) kini semakin mudah diakses melalui gadget manapun. Bahkan semakin membuat penggunanya betah, kini hadir inovasi Facebook Lite. Facebook Lite atau FB Lite ini merupakan versi ringan dari aplikasi Facebook.

FB Lite memudahkan penggunanya yang memiliki jaringan internet terbatas. Aplikasi ini sempat terdengar pada 2009, namun pada tahun 2010 FB Lite harus dihentikan sementara.

Berbagai fitur aplikasi Facebook bisa ditemukan dalam FB Lite, sekalipun aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil. Hal ini berarti FB Lite sangat ringan untuk ditampilkan dan dapat bekerja cepat serta maksimal walaupun di gadget Android dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

BACA JUGA :
10 Komentar status Facebook ini recehnya bikin cengar-cengir

Untuk kamu yang ingin mengunduh FB Lite, coba perhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi ini. Berikut rangkuman brilio.net pada Selasa (12/10) dari berbagai sumber untuk kamu ketahui.

1. Menghemat penggunaan data.

foto: pixabay.com

Bebas menjelajahi dunia maya tanpa khawatir data internet akan boros, menjadi hal yang diinginkan pengguna media sosial. Dan FB Lite adalah jawaban dari permasalahan ini. Salah satu hal yang membuat FB Lite diburu banyak orang adalah kelebihannya yang mampu melakukan penghematan data internet dengan baik.

2. Antiloading lama.

foto: Istimewa

Bermain media sosial sulit dipisahkan dari kegiatan mengunggah status, foto, atau video. Dengan menggunakan FB Lite, proses loading akan menjadi lebih cepat. Tentu hal ini akan semakin mempermudah aktivitasmu dan menghemat waktu yang digunakan.

3. Aplikasi lebih kecil.

oto: unsplash.com

Jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook, FB Lite memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Ukuran FB Lite yang hanya 1 MB, akan lebih mudah dan efisien untuk digunakan di smartphone dengan memori RAM yang lebih kecil. Hal ini akan memberi keuntungan untukmu dalam menyimpan kebutuhan lain. Efek dari ukuran aplikasi yang kecil ini dapat terlihat saat kamu menginstal yang hanya membutuhkan waktu sebentar.

4. Aman untuk Android lama.

foto: unsplash.com

Meskipun aplikasi ini tergolong baru, namun bukan berarti hanya bisa diakses pada smartphone kekinian saja. Pengguna Android lama tak perlu ragu untuk menikmati FB Lite, karena aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis smartphone termasuk pada Android model lama.

5. Dapat diakses di semua jaringan.

foto: pixabay.com

Salah satu kehebatan lain FB Lite adalah kemampuannya yang dapat digunakan dalam semua jaringan. Yaps, sekalipun sinyalmu sedang "E" alias "Edge" kamu tetap dapat menjalankan aplikasi ini. Selain ringan, aplikasi ini dapat kamu nikmati dalam berbagai kondisi dan situasi.

6. Tampilan sederhana.

foto: unsplash.com

FB Lite memiliki tampilan yang lebih sederhana dibanding aplikasi pendahulunya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa fitur yang tidak muncul pada FB Lite. Fitur-fitur berat yang tidak terdapat pada FB Lite yang membuat aplikasi ini begitu ringan. Jadi jangan kaget kalau kamu tidak bisa mengakses beberapa fitur yang memberatkan seperti memutar video.

7. Kualitas gambar rendah.

foto: unsplash.com

Dengan tampilan yang lebih sederhana, FB Lite juga memiliki kualitas gambar yang lebih rendah. Hal ini juga dipengaruhi dengan keunggulan load yang cepat, sehingga kualitas gambar atau foto yang diunggah melalui FB Lite tidak akan sebagus kualitas pada Facebook biasa.

8. Fitur yang tidak komplit.

foto: unsplash.com

Dalam Facebook Lite, beberapa fitur dihilangkan karena dapat memberatkan aplikasi. Hal ini memberikan dampak baik pada ringannya aplikasi. Namun disisi lain, kamu tidak dapat menggunakan fitur-fitur berat seperti di aplikasi Facebook biasa.

9. Load tidak otomatis.

foto: unplash.com

Meskipun memiliki load yang cepat, namun FB Lite masih memiliki kekurangan load yang tidak otomatis. Hal ini dapat kamu rasakan saat kita scrolling halaman Facebook yang harus di load kembali saat menggunakan FB Lite. Hal ini bukan tanpa alasan, karena dengan kelebihannya yang memiliki memori kecil, berdampak pada fitur load yang tidak bisa dilakukan secara otomatis. Karena untuk melakukan load otomatis membutuhkan memori yang lebih besar.

10. Hasil download gambar dengan kualitas rendah.

foto: pixabay.com

Rupanya tak hanya saat mengunggah foto saja yang dapat memberikan hasil kurang memuaskan, begitu pula saat kamu men-download foto menggunakan FB Lite. Kualitas gambar tidak akan terlalu bagus jika menggunakan aplikasi ini. Bahkan gambar menjadi pecah atau nampak kotak-kotak saat diperbesar.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags