1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
21 Desember 2019 06:02

8 Jenis penipuan di IG yang perlu kamu tahu & waspadai

Banyak orang telah menjadi korban penipuan di Instagram. Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Penipuan bisa dikemas dengan berbagai cara. Di era modern saat ini, para penipu juga makin ulung dan pintar. Mereka bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menipu. Mereka mengunakan teknologi untuk menyakinkan masyarakat demi meraup keuntungan. Tak sedikit korban yang terkuras harta bendanya, hingga akhirnya ludes tak tersisa. Nggak bisa memungkiri kalau cara penipu sekarang banyak sekali motifnya.

Sebelum adanya aplikasi dan berbagai media sosial, penipuan sering terjadi melalui SMS. Misalnya pura-pura minta pulsa, informasi dapat hadiah, menang undian, berpura-pura jadi saudara yang terkena masalah, dan cara penipuan lainnya. Saat korban mendapatkan pesan tersebut, tanpa terduga korban akan diminta untuk transfer uang kepada korban. Sebenarnya jenis penipuan melalui sms tersebut bisa kamu laporkan pada pihak yang berwajib.

Kementerian Komunikasi Informasi dan Informatika (Kemkominfo) menyediakan situs www.cekrekening.id untuk melacak nomor rekening yang terlibat tindak kriminal. Sayangnya belum banyak masyarakat yang tahu akan info penting tersebut. Alih-alih melapor, kebanyakan orang yang sadar sedang ditipu justru memilih membalas SMS penipu dengan kocak.

Penipu pun nggak mau kalah cerdik, saat ini mereka mulai beralih ke media online. Tak tangung-tanggung, pemilihan media online yang dipilih ialah aplikasi yang banyak dan favorit bagi kamu milenial, yakni Instagram atau IG. Salah satu yang paling sering adalah penipuan online. Karena Instagram banyak dimanfaatkan untuk berjualan dan bisnis lainnya, banyak penipuan yang berkedok produk online meraja lela.  

Penggunaan media sosial memang harus diimbangi dengan kewaspadaan. Jangan mudah percaya terhadap akun sembarangan, apalagi yang sifatnya mencurigakan. Nah, supaya kamu bisa lebih berhati-hati lagi, ketahuilah apa saja jenis penipuan yang sering terjadi di Instagram. Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (21/12) berikut ini.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags