1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
18 Maret 2022 02:45

7 Perbedaan aplikasi Facebook dan Facebook Lite

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal menyesuaikan kebutuhanmu seperti apa. Simak selengkapnya, yuk. Khaamiim Yazid Al-Hakim
foto: play.google.com

Brilio.net - Facebook merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak diminati para pengguna. Mulai dari muda-mudi hingga orang dewasa sudah banyak menggunakan aplikasi ini.

Jika melirik sejarahnya, Facebook pertama kali dirilis oleh Mark Zuckerberg pada Februari 2004. Hingga September 2012, pengguna aktif Facebook terdaftar lebih dari satu miliar pengguna.

BACA JUGA :
7 Aplikasi media sosial penghasil uang, dapat teman sekaligus cuan


Tidak hanya Facebook, aplikasi lain yang dirilis oleh Mark Zuckerberg adalah Facebook Lite. Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Facebook reguler.

Tidak hanya itu, beberapa fitur unggulan juga dipangkas pada aplikasi ini untuk dapat menjalankannya dengan lancar.

Berkaitan dengan aplikasi Facebook dan Facebook Lite, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (17/3), tujuh beda aplikasi Facebook dan Facebook Lite.

BACA JUGA :
Saham Meta turun, Mark Zuckerberg kehilangan Rp 430 T dalam sehari

Perbedaan aplikasi Facebook dan Facebook Lite.

foto: play.google.com

Dalam penggunaannya, baik Facebook maupun Facebook Lite memiliki beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan aplikasi yang satu ini.

Beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan aplikasi Facebook dan Facebook Lite sebagai berikut.

1. Ukuran aplikasi.

Perbedaan yang pertama ada pada ukuran kedua aplikasi ini. Facebook memiliki ukuran aplikasi yang jauh lebih besar dibandingkan Facebook Lite.

Ukuran dari aplikasi Facebook adalah 56 MB pada aplikasi Play Store. Dengan ukuran awal download aplikasi ini, tentunya jumlah penyimpanan yang kamu gunakan untuk aplikasi Facebook akan termakan banyak. Selama penggunaan, ukuran dari aplikasi ini juga akan terus bertambah sesuai dengan seringnya penggunaan Facebook.

Sedangkah Facebook Lite hanya memiliki ukuran 1,6 MB pada Play Store. Tentu ukuran ini akan bertambah seiring lamanya penggunaan aplikasi Facebook Lite.

2. Fitur.

Selain ukuran, perbedaan lain yang ada pada semua aplikasi ini adalah fitur. Tentu saja fitur yang ada pada Facebook reguler lebih lengkap daripada Facebook Lite.

Perbedaan fitur antara kedua aplikasi ini termasuk normal mengingat ukuran kedua aplikasi ini yang berbeda jauh.

3. Penggunaan jaringan internet.

Selain membutuhkan koneksi jaringan yang lebih kencang, Facebook juga membutuhkan jumlah kuota internet yang lebih banyak untuk membuka aplikasi ini dengan lancar.

Sedangkan pada aplikasi Facebook Lite, dapat kamu gunakan meskipun jaringan yang kamu pakai masih support 2G. Perbedaan ini memberikan keuntungan bagi Facebook Lite yang dapat digunakan untuk membuka aplikasi dengan berbagai support jaringan.

4. Waktu mengupload konten.

Perbedaan lainnya antara Facebook dan Facebook Lite ada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah suatu konten. Tujuan dari penggunaan Facebook sendiri pada dasarnya untuk membagikan apa yang sedang kalian kerjakan dan alami.

Dalam mengunggah suatu konten, tentunya membutuhkan waktu loading. Jika kamu menggunakan Facebook reguler, waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah suatu konten akan lebih lama dibanding Facebook Lite.

5. Support perangkat.

Penggunaan Facebook memerlukan spesifikasi khusus untuk dapat menjalankan aplikasi ini dengan lancar. Tidak heran jika Facebook tidak memiliki dukungan kepada beberapa perangkat dengan spesifikasi yang rendah.

Berbeda dengan Facebook Lite, aplikasi ini memiliki dukungan yang lebih banyak sekalipun perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi rendah.

6. Penggunaan baterai.

Semakin berat aplikasi yang dijalankan, maka baterai yang diperlukan akan semakin besar.

Perbedaan penggunaan baterai antara Facebook dan Facebook Lite memiliki selisih yang cukup jauh. Tentu saja Facebook Lite lebih membutuhkan sedikit baterai daripada Facebook reguler.

7. Foto dan video tidak muncul.

Pada aplikasi Facebook lite terdapat fitur yang dapat kamu gunakan untuk menampilkan foto dan video dengan kualitas yang lebih rendah dari ukuran aslinya.

Secara visual, memang foto atau video yang ditampilkan akan memiliki kualitas yang rendah, namun berkat fitur ini, kamu dapat menghemat kuota yang kamu miliki.

Nah, setelah mengetahui perbedaannya, kamu bisa mempertimbangkan, mana yang lebih kamu butuhkan?

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags