1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
7 April 2020 07:23

7 Aplikasi smartphone yang bisa mendeteksi kondisi mental

Ada aplikasi yang dilengkapi konsultasi dokter. Shofia Nida
foto: Google Play Store

Brilio.net - Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona. Masyarakat dilarang ke luar rumah, kecuali untuk alasan yang sangat penting.

Masyarakat juga disarankan mengarantina diri selama 14 hari, terutama yang memiliki gejala ringan yang mengindikasi pada infeksi virus corona seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Selama melakukan isolasi diri, rasa bosan, bahkan stres, bisa menghampiri.

BACA JUGA :
7 Aplikasi ini cocok buat belajar desain rumah untuk pemula


Nah, kamu yang ingin mengecek tingkat stres, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pendeteksi kondisi mental. Aplikasi ini bisa kamu unduh di smartphone.

Penasaran apa saja aplikasi tersebut? berikut, brilio.net merangkum dari Google Play Store pada Senin (6/4), tujuh aplikasi yang dapat mendeteksi kondisi mentalmu.

1. Depression Test.

BACA JUGA :
5 Aplikasi editing foto ini bikin tampilan feed Instagram kekinian

foto: Google Play Store

Depression Test yang dikeluarkan oleh Baris Sarer ini merupakan aplikasi yang dapat mendiagnosis dan memantau tingkat depresi seseorang. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengikuti tes PHQ-9 untuk menentukan apakah kamu mengalami depresi atau tidak, memeriksa tingkat keparahan depresi, menyimpan hasil tes sekaligus memantau perbaikan kondisi mentalmu dari waktu ke waktu.

2. Mental Health Test.

foto: Google Play Store

Dengan aplikasi Mental Health Test kamu dapat megikuti tes yang sudah disediakan dalam aplikasi untuk mengetahui gejala kondisi kesehatan mental. Gejala mental yang dapat dideteksi berupa depresi atau kecemasan dengan beberapa tingkat yang mungkin dapat diobati dan dipulihkan.

3. Tes IQ & Kepribadian.

foto: Google Play Store

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat mengetahui sifat, kepribadian, dan IQ. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menguji kepribadian berdasarkan tanggal lahir, nama, warna, tes sidik jari, golongan darah, tes garis tangan bahkan karakter tulisan tangan.

4. Moodpath.

foto: Google Play Store

Dengan Moodpath kamu dapat melacak dan merefleksikan suasana hati, sekaligus mendapatkan penilaian kesehatan mental dengan menyelesaikan tes interaktif. Tes ini dapat mendeteksi gejala depresi dan kecemasan seperti kesedihan, rendah diri, merenung, kelelahan bahkan masalah tidur yang tak biasa.

5. Psikitech-Diagnos.

foto: Google Play Store

Aplikasi Psikitech-Diagnos bermanfaat untuk segala kalangan umur. Dengan aplikasi ini kamu dapat menscreening dini mengenai kondisi kejiwaan dan dapat mempelajari klasifikasi gangguan psikiatri sejak awal.

Dalam aplikasi ini juga menyedikan fitur konsultasi dokter. Sehingga memudahkan kamu untuk berkonsultasi dengan psikiater terbaik di seluruh Indonesia.

6. Daylio.

foto: Google Play Store

Daylio merupakan penyimpanan buku harian pribadi tanpa harus mengetikkan satu baris pun. Daylio juga dapat mengetahui suasana hati kamu dan menyimpan aktivitas yang tercatat dalam statistik dan kalender.

7. Self-manage Depression (GGDE).

foto: Google Play Store

Melalui aplikasi ini kamu dapat mengisi tes yang mendukung efektivitas mekanisme inti, mengetahui interpretasi individu tentang diri sendiri, dan dapat mengetahui tingkat depresi, serta suasana hati.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags