1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
14 Oktober 2021 23:00

5 Langkah hapus pengikut Twitter tanpa blokir, keamanan makin terjamin

Fitur baru ini ada untuk mengekang banyaknya troll, pengikut yang mengganggu, atau menghindari kekerasan. Arif Rahman

Brilio.net - Baru-baru ini, Twitter membeberkan kabar adanya fitur baru yang siap menjadi bagian dari keseharian pengguna. Setelah melakukan uji coba pada September lalu, kini Twitter menghadirkan fitur baru tersebut khusus untuk pengguna Twitter lewat web. Fitur yang disebut soft block bagi pengguna yang tidak diinginkan ini memungkinkan pengguna menghapus pengikut tanpa memblokirnya.

Fitur keamanan ini bisa membantu pengguna yang ingin menghindari dampak pemblokiran seseorang. Misalnya, jika pengguna yang diblokir membuka profil kamu setelah diblokir, maka Twitter akan memberitahu mereka bahwa mereka sudah diblokir. Namun pada saat diblokir, Twitter tidak akan memberitahu mereka bahwa akunnya sudah diblokir. Dengan menghapus pengikut ini, pengguna bisa merasa lebih aman tentang siapa yang melihat tweet mereka tanpa memblokirnya sama sekali.

BACA JUGA :
Twitter gulirkan Ticketed Spaces bagi pengguna Android, siap raup uang


Selama bertahun-tahun, pengguna Twitter sendiri sudah membuat fitur soft block ini dengan memblokir dan membuka blokir pengikut dengan cepat, yang nantinya menghapus mereka dari daftar pengikut. Tapi sekarang, Twitter sendiri yang membuat fitur ini bagi semua pengguna.

Pada Selasa (12/10) lalu, Twitter mengungkapkan lewat sebuah cuitan, "Mulai menggulirkan fitur ini bagi semua pengguna Twitter lewat web."

BACA JUGA :
Selain Tips, 3 Fitur Twitter ini bisa beri cuan bagi kreator konten


Fitur baru ini ada untuk mengekang banyaknya troll, pengikut yang mengganggu, atau menghindari kekerasan. Jika tetap berhadapan dengan troll, masih ada opsi blokir yang dapat digunakan. Namun perlu diperhatikan bahwa ada perbedaan besar antara memblokir pengguna dan menghapusnya sebagai pengikut.

Untuk mengetahui langkah-langkahnya, berikut rangkuman brilio.net dari laman resmi Twitter Support dan berbagai sumber lainnya pada Kamis (14/10).

foto: Twitter Support

1. Masuk ke akun Twitter lewat web dan pergi ke profil.

2. Lalu klik bagian follower atau pengikut.

3. Pilih pengikut yang ingin dihapus.

4. Lihat dan pilih ikon tiga titik di sebelah tombol ikuti/berhenti mengikuti dengan nama mereka.

5. Lalu pilih hapus pengikut ini.

Setelah di-soft block, pengikut tersebut tidak bisa lagi melihat tweet kamu di timeline mereka. Tetapi mereka masih bisa mengirim pesan langsung. Mereka juga dapat mengikuti kamu lagi jika mereka mau.

*

INFOGRAFIS FITUR TWITTER SOFT BLOCK HAPUS FOLLOWER
2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags