1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
10 Mei 2023 12:16

Viral Husein Ali guru di Pangandaran curhat mundur dari ASN usai diintimidasi karena lapor pungli

Guru bernama Husein Ali Rafsanjani secara rinci menjelaskan duduk perkaranya hingga dirinya memilih resign dari ASN Muhamad Ikhlas Alfaridzi
Usai viral, Bupati Pangandaran mengundang Husein pada Kamis (11/5)

Husein lanjut menceritakan, bahwa pihak yang menyidangkan berdalih bahwa anggaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut tidak ada, karena dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Terus mereka beralibi kalau sebenarnya uangnya ada, cuma difokuskan untuk Covid-19. Tapi maaf, walaupun saya masih muda gitu, saya kan nggak bodoh gitu. Saya gini-gini sarjana satu, karena kalau perpindahan uang negara itu pasti ada suratnya. Saya mintalah suratnya untuk nurunin laporan sebelumnya, tuturnya.

BACA JUGA :
Viral momen pengendara motor nyangkut di pohon setinggi 3 meter, penyebabnya diduga karena rem blong


Namun setelah ditanyakan demikian, pihak instansi yang menyidang Husein kembali beralasan dengan menyebut anggarannya tidak ada.

"Jadi sebenarnya dananya ada, tapi karena kamu latsarnya perpindahan dari online ke offline jadinya belum disiapkan, lho kok jadi berbeda dari argumen sebelumnya," lanjut Husein.

Husein juga mengaku mendapat ancaman pemecatan kalau laporan yang ia ajukan ke lapor.go.id tidak diturunkan. Para ASN yang menekannya ini beranggapan, laporan tersebut dianggap bisa merusak nama baik instansi.

BACA JUGA :
Seekor kecoa berkeliaran di red carpet Met Gala 2023, bikin heboh hingga jadi objek foto

Setelah itu, ia terus mendapat intimidasi dari pihak instansi termasuk melibatkan banyak orang. Ia akhirnya memilih untuk mengundurkan diri.

"Waktu itu karena diancam saya minta surat pemecatan saja, dari situ pada bingung dan pada ngancam. Saya jadi nggak nyaman. Sekolah saya didatangi, dicari tau masalahnya ada apa, katanya.

"Saya merasa dirugikan, karena diancamnya ke orang lain. Kalau ngancamnya ke saya nggak masalah lah, tapi kalo ke orang lain berat lah, sambungnya.Namun masalah belum selesai. Husein mengaku juga mendapat tindakan yang tidak adil, karena di instansi tersebut terdapat CPNS yang mengambil uang kas. Namun pelaku tidak diproses sebagaimana dirinya.

"Sampai Maret 2022, ada kasus lagi tuh di instansi, CPNS yang ngambil uang kas, tapi kok prosesnya tidak seperti saya, saya disidang kayak koruptor gitu, kesannya saya itu pembunuh. Saya waktu ngelapor itu di grup kabupaten, kalau Husein nggak nurunin laporan SK se-kabupaten nggak akan turun, semua nyerang saya," ungkapnya.

Karena serangkaian tekanan itulah, akhirnya Husein terpaksa mencabut laporannya dan memilih pergi ke Bandung hingga kemudian mengundurkan diri.

"Setahun saya nunggu surat pemecatan nggak keluar-keluar, ya udah saya mengundurkan diri. Saya mohon untuk jangan pernah ada lagi hal semacam ini setelah nanti mungkin saya tidak menjadi bagian dari asn kab.pangandaran," tuturnya.

Sejak saat itu, ia terpaksa mencabut laporannya dan memilih pergi ke Bandung hingga kemudian mengundurkan diri.

foto: TikTok/@husein_ar

"Setahun saya nunggu surat pemecatan nggak keluar-keluar, ya udah saya mengundurkan diri. Saya mohon untuk jangan pernah ada lagi hal semacam ini setelah nanti mungkin saya tidak menjadi bagian dari asn kab.pangandaran," tuturnya.

Dalam video yang diunggahnya, Husein juga men-tag akun Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan BKPSDM Pangandaran. "Terimakasih atas pengalamannya, pungkasnya dalam unggahan itu.

Tidak lama setelah diunggah, konten itu lantas jadi perbincangan di dunia maya. Tidak sedikit akun yang meminta agar Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata turun tangan. Warganet juga memenuhi kolom komentar akun Instagram Jeje Wiradinata terkait hal ini. Unggahan itu sudah disukai lebih dari 76 ribu kali dan dibanjiri lebih dari 4500 komentar.

"Kab. Pangandaran banyak pungutan liar pak? Ini salah satu guru di wilayah bapak @husein_ar, komentar seorang warganet.

"Pak, tolong bersihkan pungutan liar dan korupsi pak," tulis warganet lainnya.

"Pak @ridwankamil . Pak Husein ini guru favorit, guru yang ada bakat di selang waktu menjadi guru, beliau juga ada bakat untuk band dll. Mohon dibantu kasus nya, pernyataannya itu dari hati sehingga tidak sengaja menahan air mata," komentar warganet lainnya.

foto: TikTok/@husein_ar

Belakangan unggahan Husein mendapat tanggapan dari Bupati Pangandaran dan mengundangnya untuk bertemu. Mereka rencananya akan bertemu pada Kamis (11/5) besok. Husein berencana datang sendirian dan berharap tak ada tekanan lagi terhadap dirinya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags