1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
30 September 2021 18:40

Pengantin tak boleh lihat cermin saat dimakeup, hasil riasan manglingi

"Setelah beberapa hari poto pengantin ku dicetak.. Aku juga kaget dgn hasil makeupnya. Tapi ga marah/menyesal," kata pengantin itu. Hapsari Afdilla

Brilio.net - Jika berbicara soal pernikahan maka erat kaitannya dengan tradisi atau kebiasaan yang berlaku di masing-masing daerah. Tradisi di Jawa tentu saja berbeda dengan Sumatera atau Kalimantan.

Tradisi itu biasanya berisi tentang apa yang harus dilakukan dan tak boleh dilakukan oleh pengantin menjelang pernikahan. Salah satu pantangan yang mungkin berlaku di beberapa tempat adalah, pengantin dilarang melihat cermin saat dirias.

BACA JUGA :
Aksi emak-emak nekat pinjam lipstik MUA di nikahan, bikin tepuk jidat


Tentu ini tidak terjadi pada semua orang, namun pengalaman tersebut pernah dirasakan oleh perempuan bernama Lusi Tursinah. Melalui unggahan video di akun TikTok-nya, Lusi membagikan kisahnya saat menjadi pengantin 2004 silam lalu.

"Aku Uci dari Bekasi.. Saat aku jadi pengantin difoto ini tahun 2004 lalu, Usiaku baru 18 thun," tulis Uci dalam video.

Dalam video tersebut, wanita yang akrab disapa Uci itu mengisahkan bahwa dia tidak boleh melihat cermin selama dirias. Hal itu bukan tanpa alasan, menurut pengakuan Uci dirinya tidak boleh melihat cermin karena dianggap pamali.

BACA JUGA :
MUA ini ungkap pengalaman merias wajah Nagita Slavina, bikin bersorak

foto: TikTok/@cewe_supir

"Waktu itu aku taunya serba beres. Ga terkonsep, yg penting nikah dan sah bersama laki2 pilihanku," katanya.

"Dan saat aku jadi pengantin di hari itu, Sama sekali tidak boleh lihat cermin. Katanya famali (pamali)," tambah perempuan asal Bekasi.

foto: TikTok/@cewe_supir

"Setelah beberapa hari poto pengantin ku dicetak.. Aku juga kaget dgn hasil makeupnya. Tapi ga marah/menyesal toh sudah berlalu," akunya.

"Dalam sehari, memakai sekitar 6 gaun pengantin. 3 kebaya, 1 adat jawa solo dan 2 lagi gaun malam," lanjutnya.

Video yang menjadi trending di TikTok itu sudah disaksikan 2,9 juta kali sejak pertama kali diunggah pada Jumat (10/9) lalu. Serta mendapat tanda suka lebih dari 58 ribu dari pengguna TikTok.

Warganet yang menyaksikan video tersebut ikut bersimpati kepada Uci atas apa yang terjadi. Ribuan tanggapan diberikan lewat kolom komentar postingan tersebut. Salah satu warganet berharap ada Makeup Artist (MUA) di luar sana yang mau mendadani Uci dengan look yang berbeda.

"ku berharap ada MUA yg bersedia Makai dia sekarang.. bukan karna yg dulu jelik cuma mau bedain aja jaman now dan sekarang," komentar @norrita01.

Komentar ini rupanya direspons oleh Via MUA dan Chindratansil MUA. Mereka mencoba merias Uci dengan look pengantin masa kini. Hasilnya tentu saja berbeda, dengan riasan mata yang super tebal Uci tampak seperti boneka, nih.

foto: TikTok/@cewe_supir

Penampilan Uci pun ramai dipuji oleh warganet. Mereka kompak mengatakan jika dia terlihat cantik dengan wajahnya yang unik itu.

"Dah ky pengantin baru lg Bu cantik pangling," tulis Alea Kenzie.

"cantik bgt mba," tulis Anas Tasya Gunadi.

"gelis pisannn," sahut akun deyana.

"menurut sy wajah bund itu uniq. dibilang jlk jg gak dibilang cntik jg gak uniq memiliki ciri khas yg bisa jadi rezeki," balas akun @imamey_nabila.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags