1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
2 Maret 2024 22:00

Merasa gampang capek dan lemas, wanita ini putuskan bongkar ulang kamarnya, endingnya bikin merinding

Cerita wanita ini langsung menuai atensi publik. Ternyata memang sebahaya itu. Muhammad Rizki Yusrial
Wanita putuskan bongkar ulang kamarnya

kamar banyak ketapang
TikTok/@cynthia_cimin

BACA JUGA :
Akibat sering mengunyah bongkahan es batu, wanita ini idap penyakit serius hingga harus dioperasi


Usai dibongkar, dia pun cukup terkejut karena di balik wall panel yang merekat di dinding terdapat black mold atau sering dikenal dengan ketapang.

Wanita itu juga sempat menjelaskan bahwa ketapang yang menempel di dinding sangat membahayakan bagi manusia. Sebab, menghasilkan spora yang kalau dihirup oleh manusia akan berdampak buruk pada fungsi tubuhnya. Sehingga dia memutuskan untuk membongkar semuanya dan ingin membersihkan seluruh jamur-jamur yang ada di dinding.

BACA JUGA :
Kini tinggal dirumah sahabatnya, kisah pilu lelaki hidup sebatang kara ini bikin terenyuh

kamar banyak ketapang
TikTok/@cynthia_cimin

Menurut artikel yang terbit di website Cleveland Clinic mengatakan bahwa black mold merupakan salah satu jenis jamur beracun. Jika seseorang alergi, jamur tersebut bisa membuat orang tersebut merasa tidak enak badan.

Ketapang melepaskan partikel ke udara yang bisa menyebabkan bau apek yang tidak sedap. Saat menghirupnya seseorang mungkin merasakan gejala seperti hidung gatal, mata iritasi, atau sesak napas karena sistem pertahanan tubuh mereka terlalu sensitif terhadap partikel jamur tersebut.

Mereka yang tidak alergi, juga bisa merasakan gangguan ringan akibat bau jamur. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, seperti pada orang dengan gangguan kekebalan atau yang sedang mengonsumsi obat yang melemahkan kekebalan, paparan jamur bisa menyebabkan infeksi pada saluran napas atau bagian tubuh lainnya.

kamar banyak ketapang
TikTok/@cynthia_cimin

Namun, Melinda Ratini dalam tulisannya yang terbit di WebMB berpendapat bahwa tidak ada bukti jamur ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, ketidakmampuan fokus, atau sakit kepala. Itu biasa disebut sebagai sindrom jamur beracun yang mana sering disebabkan oleh narasi yang beredar lewat media.

Penyebab dari kedatangan jamur tersebut hadir di dalam kamar salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kelembaban. Karena itu penting untuk menghindari kamar dari kondisi lembab. Kamu, harus menjaga kebersihan dan sirkulasi udara di rumah agar terhindar dari risiko ini.

kamar banyak ketapang
TikTok/@cynthia_cimin

Pemilik akun tersebut sempat merasa ngeri melihat jamur-jamur yang menumpuk cukup banyak di dinding. Keputusannya untuk membongkar wall panel memang tepat, sehingga jamur dapat dibersihkan.

Unggahannya tentu saja mendapatkan atensi publik. Pasalnya selain memperlihatkan kondisi kamar, wanita ini juga mengedukasi dengan memperkenalkan bahwa jamur yang ada di dinding kamar atau rumah dapat membahayakan kesehatan.

"Cetakan hitam bahaya bgt jangka panjang bisa bikin sakit yg berkepanjangan plus sesak nafas dll," kata akun @hizmakaraman

"sejak kena sesek dan batuk 3 bulan gara cetakan hitam di lemari partikel..aku pindah pake plastik dan aluminium semua lemari dan segala macam penyimpanan," tulis akun @marknmalvmom

"kalo dinding tiba2 ada putih2nya jadi jamurkah? kayak yg dikasih bedak gitu loh. dilap pake tisu basah hilang. tp pas kering ada lg," ujar akun @nama22

"aku tau.. dan di talenan aku ada hitam dikit tapi tetap aku pake,, dan skrg hitamnya kayak melebar jadi kayak jamur gitu. padahal aku kerok pake pisau juga," komentar dari akun @kurnialestari

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @cynthia_cimin sudah menghimpun 13,7 juta penonton. Selain itu terdapat juga 458,200 akun yang memberi like dan 3,536 komentar.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags