1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
15 Desember 2019 11:27

7 Fakta aksi penipuan Azura Luna, sosialita yang kini jadi buronan

Wanita yang diduga asal Kediri ini kini jadi buronan di Hong Kong. Rizka Mifta

Brilio.net - Nama Azura Luna, mungkin sebelumnya terdengar asing ditelinga kita. Namun beberapa waktu ini sosoknya ramai diperbincangkan sebagai sosialita yang menjadi buronan.

Menipu sejumlah orang di luar negeri, fakta mengenai wanita asal Indonesia ini mulai terkuak secara satu-persatu. Bahkan hingga saat ini, Azura belum berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian.

BACA JUGA :
Viral order fiktif tengah malam, korbannya 5 driver sekaligus


Penipuan yang dilakukan Azura Luna tak main-main. Tak hanya dalam hitungan jutaan namun kerugian miliaran rupiah dirasakan para korbannya. Berbagai modus ia lakukan dalam mengelabui para korban. Mulai dari lowongan pekerjaan palsu hingga mengaku sebagai keluarga kaya raya di Indonesia.

Pencarian Azura tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian. Para korban juga sampai membuat grup untuk memberikan kabar terbaru dari wanita kelahiran dengan nama yang diketahui sebagai Azura Luna Mangunhardjono.

Ada beberapa penipuan dan kebohongan yang dilakukan oleh Azura Luna. Berikut rangkuman brilio.net yang dikutip di Liputan6.com pada (15/12).

BACA JUGA :
Viral guru dan murid berantem gara-gara HP disita, bikin miris

1. Keluarga 10 orang terkaya di Indonesia.

foto: SCMP

Pengakuan mengejutkan ini didapatkan dari Jason, seorang ahli teknologi asal New York. South China Morning Post mencatat pria yang usai berpisah dengan istrinya pada tahun 2018 lalu, mengaku sempat jatuh hati pada Azura di pool bar Four Season Hong Kong. Pertemuan Azura dan Jason yang diawali dengan saling pandang itu berlanjut dengan hubungan yang semakin dekat.

"Saat saya menoleh, tampak di sana perempuan dengan tampilan luar biasa menarik masuk ke pool bar. Ia ditunjukkan meja di samping saya, kami bertukar padang dan ia tersenyum," ungkap Jason.

Saat itu Azura bercerita pada Jason bahwa keluarganya termasuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Bahkan ia mengaku, ibunya adalah seorang pengacara yang sempat membantu Bill Clinton dalam proses pemilihannya. Sedangkan almarhum ayahnya mewariskan US$ 30juta atau Rp 423,8 miliar. Azura juga mengaku ia sebagai putri orang Indonesia yang memiliki penghasilan Rp2,1 miliar.

2. Menjual tas branded palsu.

Sebagai seorang sosialita di Hong Kong, membawa barang-barang branded bukan lagi hal yang asing dilakukan Azura. Bahkan ia juga sering memamerkan sejumlah barang brandednya. Namun rupanya barang-barang ini diketahui palsu.

Hal ini dibuktikan dengan pengakuan salah satu warga Los Angeles, Sophie, yang mengaku mendapatkan tas tangan Hermes palsu dari Azura. Padahal ia telah membayar lebih dari Rp1,2 miliar untuk beberapa barang. Namun ketika Sophie membawa ke toko resimnya, dua dari 4 yang ia bawa ditanyatakan palsu.

Enam polisi Los Angeles' West Hollywood Station mengepung Azura pada 28 November 2018 lalu dengan tangan terborgol. Namun, Azura dilepaskan pada hari itu juga dengan bantuan dua pengacara asal Washington DC. Meski begitu, pihak kepolisian tetap menunggu konfirmasi dari pihak Hermes.

3. Penggalangan dana palsu.

foto: SCMP

Terungkapnya kasus penipuan Azura membuat kaget sejumlah teman-temannnya. Karena Naomi, salah satu teman Azura mengaku bahwa wanita sosialita itu dikenal sebagai sosok yang bersahabat. Yang tak kalah membuat heran, kasus 2018 ini rupanya bukanlah yang pertama kali.

Juru bicara THE ONE International, 2013 lalu Azura pernah berdonasi sebesar Rp36 juta untuk penghargaan annual humantarian. Selain itu ia juga pernah menyumbang dana dalam pembangunan panti asuhan di Bangladesh. Tetapi diketahui penggalangan dana yang disebarkan oleh Azura lainnya tidak pernah sampai ke tangan.

4. Utang yang menumpuk.

foto: SCMP

Azura rupanya telah menunggak sewa kediamannya hingga Rp 829 juta pada 12 Maret 2019. Hal ini terungkap dari Wellfine Properties, pihak penyewa kediaman Azura di Hong Kong. Pihaknya melaporkan kasus ini kepada pihak yang berwajib dan menyewa pengacara untuk mendapat Rp 306 juta dari sebuah lelang yang ditawar Azura dan membuatnya membayar secara rela.

Tak hanya itu asisten yang bekerja dengan pemilik nama asli Enjang Widhi Palupi itu mengaku belum mendapatkan haknya sebesar Rp 137 juta yang belum diabayarkan. Sementara itu seorang kenalan mengaku bahwa Azura memiliki hutang sebesar Rp 312 juta untuk tagihan anggur.

Seorang kenalan lain bernama Lori, yang juga diajak berinvestais bisnis berlian juga mengatakan Azura memiliki hutang padanya sebesar Rp 917 juta. "Saya tak malu mengatakan, saya pernah mempercayainya",ujar Lori.

5. Mengaku sebagai anak dari pejuang kemanusiaan.

keyword: SCMP

Meksipun sudah curiga dengan gelagat Azura, Jason mengaku masih saling bertukar pesna dengan Azura. Bahkan wanita cantik ini mengatakan ada Jason bahwa kedua orangtuanya merupakan pejuang kemanusiaan. Dan ia juga mengaku kedua orangtuanya meninggal dunia di Timur Tengah karena tembakan.

"Ibu saya berasal dari Gujarat, India, sedangkan ayah saya adalah blasteran Tinghoa-Belanda-Indonesia,"tutur Jason menceritakan kembali.

6. Mengaku tidak pernah tinggal di Indonesia.

foto: SCMP

Azura Luna mengaku pada Jason tidak pernah tinggal di Indonesia, kecuali Bali bersama mantan suaminya. Ia juga mengatakan kalau masa kecilnya dihabiskan dengan menjelajahi beberapa negara seperti Afrika Selatan, Eropa, Mali, Botswana dan beberapa wilayah Asia.

"Saya lahir di Jerman. Saya tidak pernah tinggal di Indonesia, kecuali Bali bersama mantan suami saya."ungakp Jason mengikuti ucapan Azura.

7. Mengaku hidup berpindah-pindah.

foto: merdeka.com

Kepada Jason ia juga mengaku bahwa ayahnya bekerja dengan orang-orang dari banyak tempat. Bahkan Azura Luna juga mengatakan ia belajar Sanskrit di India dan Bahasa Arab di Mesir.

"Ayah saya bekerja dengan orang-orang dari banyak tempat. Jadi saya tumbuh besar di kemah-kemah pengungsian, savana, hutan, istana, hotel bintang lima,"tambah Jason menceritakan Azura.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags