1. Home
  2. ยป
  3. Creator
16 Juli 2020 11:50

Tips sederhana merawat kesehatan kulit wajah dari dalam dan luar

Meskipun sedang di rumah saja, kamu tetap harus menjaga kesehatan kulit wajah. Zulfa Aulia Nurfaiza
Foto: https://images.pexels.com/photos/4148921/pexels-photo-4148921.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=1&w=500

Serupa dengan kesehatan badan, menjaga kesehatan kulit juga merupakan suatu kewajiban yang mesti diperhatikan dengan cermat. Baik perempuan maupun laki-laki sebaiknya memiliki kesadaran tentang pentingnya merawat kulit wajah.

Perawatan kulit area wajah tidak harus menggunakan produk yang serba mahal, yang paling utama adalah produk tersebut aman dan cocok untuk kulit wajahmu. Kesalahan pemilihan produk perawatan wajah akan menimbulkan masalah serius bagi wajah.


Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda dan tidak dapat disamaratakan. Oleh karena itu, kamu harus paham betul jenis kulit wajah kamu agar tidak menyesal di kemudian hari karena salah pilih produk.

Bicara soal wajah maka sering kali berkaitan dengan soal penampilan. Terlebih lagi bagi siapa saja yang sedang mencari pekerjaan atau yang sedang dalam proyek yang berhubungan dengan penampilan, pastinya akan semaksimal mungkin tampil dengan peforma terbaik.

Hal sederhana yang bisa mulai kamumulai sejak sekarang yakni dengan merawat kesehatan wajah. Wajah menjadi aset penting yang tak ternilai harganya. Meskipun ada istilah Dont judge the book by its cover, tapi tidak ada salahnya jika kamu memperbaiki penampilan luar untuk menyeimbangkan kemampuan atau skill yang kamu miliki dalam dunia kerja nantinya.

Dapat dipahami bahwa sebenarnya pilihan untuk di rumah saja merupakan sebuah pilihan yang cukup berat bagi sebagian orang yang dulunya terbiasa menyibukkan diri di luar rumah. Namun, sekali lagi demi kebaikan bersama, Pemerintah mengimbau untuk tetap di rumah saja kecuali jika ada kepentingan mendesak. Hal ini juga yang membuat aktivitas badan kamu menurun. Seperti lebih sering bermalas-malasan di atas tempat tidur dan tidak menerapkan pola hidup sehat dengan benar yang malah menurunkan tingkat imunitas badan.

Sikap tersebut ada baiknya kamu hindari. Apalagi soal area wajah yang sering kali jadipersoalan di kala stres melanda. Dimulai dari mulai timbul jerawat, minyak wajah yang berlebihan, muncul komedo (blackhead dan whitehead) sampai peradangan.Tentu kamu tidak ingin permasalahan wajah tadi terjadi, kan?

Maka, ada baiknya kamu mulai bangkit menjauh dari bermalasan dan mulai disiplin untuk merawat kulit, baik dari dalam maupun dari luar. Apalagi saat situasi pandemi saat ini, kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah yang justru memberi peluang untuk lebih giat lagi merawat kulit. Ingat, investasi kesehatan dari ujung rambut sampai ujung kaki itu nomer satu, ya!

Tidak perlu ambil pusing sampai merogoh kocek yang cukup dalam untuk menjaga wajah tetap sehat dan fresh. Berikut ini tips sederhana yang bisa kamu mulai untuk diterapkan agar kesehatanmu seimbang, baik tubuh maupun wajah.

1. Perawatan dari dalam.

Perawatan kulit sejatinya terbagi menjadi dua jenis, yakni perawatan dari dalam dan perawatan dari luar. Untuk perawatan dari dalam ini berkaitan dengan asupan yang kamu konsumsi sehari-hari, baik makanan maupun minuman.

Makanan sehat bergizi seimbang seperti sayur-mayur dan buah-buahan sangat memiliki efek baik bagi kesehatan kulitmu. Hal tersebut sudah dapat dibuktikan dengan berkembangnya berbagai macam produk kecantikan yang juga memanfaatkan ekstrak dari buah dan sayur sebagai komposisi produk yangdiproduksi.

Nah, dalam upaya mengurangi konsumsi zat kimia, ada baiknya jika kamu telaten mengolah hasil alam yang lebih minim risiko dibanding harus menelan zat kimia. Dengan pertimbangan bahwa hasil alam sudah jelas berasal dari Sang Pencipta dan terjaga kemananannya. Sedangkan untuk obat yang dipasarkan di luaran sana kamu tidak tahu bagaimana proses pengolahan serta apa saja kandungan yang mungkin saja membahayakan kesehatanmu.

Sering menyuplai serat ke dalam tubuh dengan makan sayur dan buah akan membantu regenerasi sel-sel yang ada di dalamnya. Ketika regenerasi dapat berjalan lancar maka otomatis tingkat kelembapan juga kekenyalan kulit akan dengan mudah terjaga.

Sejak kecil tentunya kamu sudah dibekali dengan pengetahuan akan kesehatan, termasuk vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah maupun sayur. Di samping mengonsumsi sayur dan buah, rutin minum air putih atau air mineral juga memberikan efek baik untuk kulit wajahmu.

Selain terkenal dapat melancarkan peredaran darah, dengan rutin minum air putih akan membantu menjaga asupan mineral dalam tubuh. Artinya kulitmu akan tampak segar dan cerah. Kulit wajah yang segar dan terjaga kandungan hidra atau air tentu terhinar dari kerusakan kulit akibat kekeringan.

Di zaman modern yang serba canggih saat ini, tanpa memandang gender laki-laki atau perempuan, sebisa mungkin pandai memilah dan memilih apa yang akan kamu konsumsi. Jangan hanya terpaku pada rasa yang enak, namun malah menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan badan terutama wajahmu.

2. Perawatan dari luar.

Setelah perawatan dari dalam terpenuhi, maka kamu seimbangkan dengan perawatan dari luar. Mayoritas orangpasti sudah memiliki produk perawatan kulit alias skincare masing-masing. Nah, untuk mengoptimalkan hasil secara maksimal, penggunaan skincare juga arus dilakukan dengan telaten.

Ada berbagai jenis skincare yang diproduksidan jumlahnya tidak dapat disebutkan satu per satu. Pun demikian denganrentang harga yang ditawarkan. Oleh karena itu, cermat dalam memilih skincare sesuai kantong sangat perlu diperhatikan agar tidak menjadi sebuah beban yang memberatkan.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu istirahat yang cukup ditambah dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berlebihan, cukup dengan memastikan tubuh bergerak setiap hari saja sudah cukup membantu melemaskan persendian dan otot-otot wajah agar tidak kaku dan terjaga kelenturannya.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags