1. Home
  2. ยป
  3. Creator
5 Mei 2020 10:30

Terlihat keren, 5 pekerjaan ini ternyata bergaji tak seberapa

Pekerjaan yang sering dianggap keren di mata masyarakat ini kenyataannya mendapatkan gaji tidak sekeren kelihatannya. Puguh Waluyo
Foto: alodokter.com

Pekerjaan merupakan sesuatu hal yang penting dalam kehidupan. Sebagian besar orang menggantungkan hidupnya melalui penghasilan dari sebuah pekerjaan tertentu yang ia jalani. Di Indonesia sendiri sebuah pekerjaan sudah sangat beragam, mulai dari yang umum sampai yang membutuhkan skill tingkat tinggi. Namun siapa sangka, lima pekerjaan ini sering dianggap keren di mata masyarakat tapi kenyataannya gaji yang diterima tidak sekeren kelihatannya. Penasaran apa saja pekerjaan tersebut?

Berikut adalah lima pekerjaan yang dipandang keren, namun memiliki gaji pas-pasan.


1. Penyiar radio.

Foto: topcareer.id

Announcer atau biasa kita kenal dengan penyiar radio adalah orang bertanggung jawab menyiarkan dan membawakan program radio. Biasanya penyiar radio diisi oleh kalangan muda mudi berusia 18 tahun ke atas. Mereka biasanya adalah muda mudi yang stylish dan mengikuti tren perkembangan zaman.

Memiliki pergaulan yang cukup luas, sehingga mereka dipandang cukup keren di usianya yang muda dapat menghasilkan uang sendiri untuk kebutuhan dirinya. Namun tak banyak yang mengetahui bayaran menjadi seorang announcer radio tidaklah besar. Biasanya berkisar di UMR, bahkan tidak jarang yang menggaji announcer-nya di bawah UMR.

2. Barista.

Foto: swivelcoffe.com

Di masa sekarang pekerjaan yang satu ini menjadi sangat populer di kalangan muda mudi. Yap, seorang barista adalah orang yang memiliki keahlian untuk meracik berbagai macam kopi yang bisa menemani kita saat santai dan nongkrong bersama teman di cafe atau untuk meeting dan bertemu client.

Keahlian meracik kopi bukan sesuatu hal yang mudah. Diperlukan ketelitian dan perhitungan yang tepat untuk bisa menghasilkan kopi yang nikmat dan sempurna. Namun gaji yang dihasilkan oleh barista, khusunya di Indonesia tidaklah seberapa dengan ilmu dan keahlian yang dimilikinya. Oleh karena itu biasanya posisi barista diisi oleh orang yang memang memilikipassiondi bidang kopi sehingga mereka senang melakukan kegiatan tersebut.

3. Dokter.

Foto: alodokter.com

Dokter merupakan sebuah pekerjaan yang sangat prestisius. Dibutuhkan keahlian tingkat tinggi untuk menjadi seorang dokter. Tidak hanya keahlian, biaya studi yang dikeluarkan untuk menjadi seorang dokter tidaklah sedikit. Pekerjaan ini juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi karena yang menjadi taruhannya adalah nyawa seseorang.

Namun siapa yang menyangka, ternyata gaji seorang dokter di Indonesia tidaklah sebanding dengan apa yang sudah dikeluarkan dan dimiliki oleh seorang dokter.Oleh karenanya banyak dokter yang membuka izin praktik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya penghasilan yang didapat dari praktek umum dokter lebih tinggi dibanding gaji yang ia dapat sebagai seorang dokter.

4. Honorer.

Foto: siedoo.com

Masyarakat Indonesia sangat senang menjadi PNS karena dianggap mempunyai masa depan yang terjamin. Tidak heran PNS menjadi tolok ukur kemapanan di Indonesia. Namun menjadi seorang PNS tidaklah mudah, banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati untuk menjadi seorang PNS dan peluang menjadi PNS sangat minim. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menjadi seorang honorer dengan harapan akan segera diangkat menjadi pegawai tetap alias PNS.

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa penghasilan dari seorang honorer sangatlah minim, banyak orang yang menjadikannya alternatif agar bisa diangkat menjadi PNS. Ditambah honorer juga sama sama menggunakan seragam pakaian dinas, sehingga meningkatkan kepercayaan diri agar dipandang keren.

5. Wartawan.

Foto: jurnas.com

Wartawan adalah orang yang meliput berita. Berita yang kita baca setiap hari adalah sebagian besar hasil liputan dari seorang wartawan. Pekerjaan meliput berita bukanlah hal yang mudah. Mereka harus siap siaga 24 jam untuk menyampaikan berita, terutama beritabreaking news. Tak jarang juga mereka menerjang panas matahari dan dinginnya hujan untuk melaporkan secara langsung dari tempat kejadian.Namun ternyata wartawan di Indonesia, mendapatkan gaji yang tidak seberapa dengan perjuangan yang sudah ia lewati.

Itulah lima pekerjaan di Indonesia yangterlihat keren, namun ternyata memiliki gaji yang pas - pasan.

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags