1. Home
  2. ยป
  3. Creator
18 Juli 2019 11:15

Tak kena sinar matahari, kota indah di Norwegia lakukan hal ini

Karena manusia membutuhkan vitamin D, ini yang dilakukan oleh penduduk Kota Rjukan untuk mendapatkan sinar matahari di kota mereka. Fikri Alfathan

Sebuah kota kecil di Norwegia yang bernama Rjukan ini terletak di antara dua pegunungan yang besar. Walaupun indah, tetapi kota ini memiliki sebuah permasalahan yang besar.


Mulai Oktober sampai dengan Maret, Rjukan berada di bayang-bayang pegunungan tanpa mendapatkan sedikitpun cahaya matahari. Pegunungan yang ada di sana sangat tinggi sampai-sampai menghalangi cahaya matahari untuk sampai ke kota mereka.

Selama bertahun-tahun, penduduk lokal harus bepergian menggunakan mobil dan mendaki ke atas gunung untuk mendapatkan sinar matahari.

Pada tahun 2013, "Solspeilet" dibangun di atas gunung. Hal ini dibuat sepenuhnya dengan 3 cermin besar yang memantulkan cahaya matahari ke Kota Rjukan.

Cermin tersebut dianggap kecil oleh sebagian orang namun berhasil memenuhi kebutuhan akan cahaya Matahari bagi penduduk Rjukan. Beberapa orang lainnya bahkan menganggap cermin ini terlalu berlebihan dan terlalu boros karena total harus mengeluarkan sekitar 800,000 dollar Amerika.

Namun, berkat keberadaan cermin raksasa ini kegiatan turisme pun meningkat yang otomatis menambah pendapatan Kota Rjukan. Jadi, selain mendapatkan cahaya matahari,masyarakat Rjukan juga mendapatkan pendapatan tambahan dari meningkatnya turis yang datang ke kota mereka.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags