1. Home
  2. ยป
  3. Creator
18 November 2018 13:38

SunBox, si mungil yang menyinari harapan masyarakat Perbatasan Gaza

SunBox hadir di Perbatasan Gaza dari tangan dingin wanita tangguh yang tinggal di Gaza City bernama Majd Ismail Mashharawi. Wulan Wahyuning Ratri

Di perbatasan Gaza, seperti di Kota Gaza City, Khan Younis, hingga Beit Lahia, akses listrik tidaklah selalu mudah. Akses listrik masih kadang terbatas di sana. Kondisi tersebut menggugah Majd Ismail Mashharawi dari Gaza City, bersama rekan-rekannya, yakni Riham, Ahmad Fayez, dan Nader untuk menciptakan kondisi yang lebih baik. Mereka ingin memperbaiki kualitas hidup masyarakat di perbatasan Gaza.


Sunbox yang mungil.Sumber foto: Karama Fadel/www,alaraby.co.uk/article One Woman Tackles Two of Gazas Toughest Challenges

Berkaitan dengan keterbatasan listrik di perbatasan Gaza, Majd bersama rekan-rekannya menciptakan suatu inovasi, yakni SunBox, yakni semacam solar kit untuk menangani masalah listrik di perbatasan Gaza, seperti dilansir dari Karama Fadel (alaraby.co.uk/The New Arab). Mereka pun berusaha untuk bekerja sama dengan Bank of Palestine dan The Faten Organization.

Kepada penulis (Wulan), Majd melalui pesan messenger memberikan informasi terkait SunBox. Majd menjelaskan bahwa proyek SunBox ini dimulai pada Juni 2017 dan masih berjalan hingga saat ini. Proyek ini dimulai dengan penelitian selama enam bulan yang menghasilkan prototype pada Desember 2017. SunBox ini berasal dari tenaga matahari yang ditangkap dalam bentuk small smart box. Jadi, SunBox ini memang mungil tapi penuh manfaat. SunBox ini juga dilengkapi dengan panel solar dan baterai. Kepada penulis juga, Majd juga menyatakan bahwa SunBox ini tidak hanya merupakan solar kit ekonomis pertama yang ada di perbatasan Gaza, tetapi juga di Timur Tengah. SunBox di perbatasan Gaza ini juga sudah ada perusahaannya yang bertempat di Gaza City, lho. Di perusahaan itu, costumer service selalu siap membantu masyarakat yang menggunakan SunBox.

SunBox juga memiliki keunggulan, lho. SunBox ini dapat diinstal sendiri oleh penggunanya, tanpa bantuan teknisi, dan kualitas SunBox ini jauh lebih baik daripada produk sejenis yang ada di pasaran, menurut Majd, seperti yang ia sampaikan kepada penulis. Majd juga menjelaskan bahwa SunBox ini sangat bermanfaat, karena SunBox ini memiliki kekuatan 1000 watt. Dengan 1000 watt itu, empat lampu, dua telepon genggam, dua laptop, satu televisi, satu kipas angin, satu kulkas kecil, dan internet router dapat diberi daya dengan baik.

Sumber foto: Facebook Majd Ismail Mashharawi

Dengan adanya SunBox ini, Majd bersama rekan-rekannya berharap masyarakat di perbatasan Gaza dapat tertolong dan lebih merasakan kenyamanan terkait kebutuhan listrik. Apabila SunBox ini nantinya sukses di perbatasan Gaza, SunBox juga diharapkan dapat menjangkau pasaran hingga ke West Bank, bahkan juga ke luar Palestina, seperti Suriah dan Yordania.

Sumber foto: Facebook Majd Ismail Mashharawi

Tampaknya SunBox akan terus berkembang dengan baik karena pada 19 April 2018 lalu, SunBox yang digagas oleh Majd dan rekan-rekannya meraih penghargaan dalam MIT Enterprise Forum, Pan Arab Region untuk kategori Social Enterprises. SunBox ini meraih second runner up. Forum ini diadakan di Muscat, Oman. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan orang lebih banyak ingin mengenal SunBox sehingga SunBox pun akan semakin lama semakin diminati dan dibutuhkan masyarakat, terutama di perbatasan Gaza. Semoga SunBox mungil itu dapat menyinari harapan masyarakat perbatasan Gaza, ya, terutama dalam keadaan daruratnya (padamnya listrik).

(brl/red)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags