1. Home
  2. ยป
  3. Creator
29 Juni 2018 18:00

Soviet boleh bubar, namun kehebatan senjatanya masih diperhitungkan

Senjata Uni Soviet ini abadi hingga saat ini! Jeff Ngl

Uni Soviet atau USSR resmi bubar pada tahun 1991 di bawah pergantian kepemimpinan antara Mikhail Gorbachev kepada Boris Yeltsin. Sejarah panjang era kebesaran Uni Soviet dan Ideologi Komunis berakhir didera perang dingin.Tentu saja sebagai salah satu negara raksasa, banyak sekali peninggalan Uni Soviet yang mengubah dunia,khususnya alutsista-nya yang hingga kini masih utuh dan dapat kita lihat.

Apa saja senjata Soviet yang masih diperhitungkan hingga kini? Ini dia penampakannya.


1. MiG 29.

Foto: MiG-29/DW.com

Pesawat tempur Mikoyan MiG-29 yang diproduksi awal 1980 an ini merupakan salah satu pesawat tempur paling hebat di masanya. Russia mengembangkan pesawat jenis ini yang kita kenal hari ini dengan Sukhoi. Namun, hingga kini Rusia masih mengandalkan pesawat ini termasuk dalam menggempur ISIS di Suriah.

2. Tank T-34.

Foto:Tank T-34/tass.com

Tank T-34 punya nama besar dalam sejarah perang dunia II. Tank ini digunakan oleh Uni Soviet untuk menggempur pasukan Nazi hingga tak berkutik. Tank ini dikenal sangat tangguh, bahkan Rusia memberikan tempat spesial bagi tank ini sampai sekarang.

3. AK-47.

Foto: Mikhail Kalashnikov, pencipta AK 47/DW.com

Siapa yang tak kenal senapan serbu AK 47 ini, Avtomat Kalashnikova 1947. AK 47 adalah senjata api yang paling dikenal di dunia. Senapan serbu yang dirancang Mikhail Kalashnikov itu diproduksi setelah Perang Dunia II dan digunakan banyak negara Blok Timur semasa Perang Dingin. Senjata ini murah, mudah digunakan dan dapat diandalkan disegala situasi menjadi favorit militer di dunia.

4. Rudal S-300.

Foto: S-300/dw.com

Rudal pertahanan S-300 ini versi era Perang Dingin berjarak tempuh 150 km dan dapat mencapai target di ketinggian di atas 27 km. Generasi penerus rudal ini sekarang adalah S-400 triumph yang jauh lebih canggih.

5. Senapan penembak jitu Dragunov.

Foto: seorang tentara menenteng senapan Dragunov/dw.com

Senapan Dragunov pertama kali diperkenalkan untuk penembak jitu pasukan Soviet pada tahun 1963. Sejak itu senapan semi otomatis ini pun memasuki arena perang di seluruh penjuru dunia. Dragunov kabarnya digunakan tentara AS saat perang Vietnam.

Itulah senjata-senjata peninggalan Soviet yang masih eksis hingga kini dan masih dapat kita temukan, terutama di bidang militer.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags