1. Home
  2. ยป
  3. Creator
27 Mei 2019 16:33

Sering digunakan, 20 singkatan ini jarang diketahui artinya

Apakah kalian sudah mengetahui arti singkatan-singkatan ini? Odhi Rizaldi

Sebuah singkatan digunakan untuk menyederhanakan sebuah kata yang memiliki nama panjang sehingga memudahkan orang untuk mengucapkannya tanpa mengubah arti dari kata utamanya.Bahkan beberapa singkatan sudah sering terdengar dan digunakan oleh berbagai orang di dunia untuk memudahkan sebuah pengucapan.

Berikut ini adalah 20 macam singkatan yang sering kalian dengan dengar dan gunakan tetapi artinya jarang diketahui oleh banyak orang.Apa sajakah singkatan-singkatan tersebut? Dan apakah kalian sudah mengetahui arti singkatan tersebut sebelumnya atau justru baru mengetahui hari ini? Mari kita lihat di bawah ini.


1. Internet.

Internet memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita saat ini. Tetapi tahukah kalian kalau internet merupakan kepanjangan dari Interconnected Network yang berarti sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lainnya di seluruh dunia.

2. Kertas HVS.

Kertas yang biasanya sering kita gunakan ternyata merupakan sebuah singkatan lho. HVS sendiri merupakan kepanjangan dari kata asal Belanda, yaitu HoutVrij Schrijfpapier yang berarti kertas bebas serat kayu.

3. LPG (Elpiji).

Siapa sih yang tidak menyangka tabung yang biasa digunakan untuk memasak ini merupakan sebuah singkatan. LPG sendiri merupakan singkatan dari kata Liquified Petroleum Gas yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai gas minyak bumi yang dicairkan.

4. WIFI.

Siapa di sini yang suka menggunakan WIFI untuk internetan? Ternyata sang idola sejuta umat atau WIFI sendiri merupakan sebuah singkatan dari Wireless Fidelity yang berarti teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi.

5. VIP.

Istilah ini biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat atau keanggotaan khusus bagi orang-orang seperti pemimpin dunia hingga pejabat biasa dengan fasilitas super mewah. Ternyata, VIP sendiri merupakan sebuah singkatan dari Very Important Person atau orang yang sangat penting.

6. PIN.

PIN digunakan untuk membuat akun-akun tertentu ini ternyata merupakan sebuah singkatan. PIN sendiri merupakan singkatan dari Personal Identification Number yang harus dijaga kerahasiannya karena meliputi data-data pribadi kita.

7. Robot.

Siapa di sini yang suka main robot? Robot ternyata merupakan sebuah singkatan dari kata Residents Official Board of Technology. Untuk istilah robot sendiri berasal dari bahasa Ceko yaitu robota yang berarti pekerja yang tidak memiliki rasa lelah dan bosan.

8. CMIIW.

Bagi sebagian orang, istilah CMIIW sering digunakan untuk menyindir pasangan yang sedang kasmaran. Namun istilah CMIIW sendiri jauh makna percintaan, di mana CMIIW berasal dari kata Correct Me If Im Wrong atau koreksi saya jika saya salah. Jauh sekali kan artinya.

9. Sinetron.

Bagi kalian, tentu saja sudah tidak asing dengan istilah sinetron yang lalu lalang di pertelevisian Indonesia saat ini. Ternyata, sinetron merupakan sebuah singkatan dari Sinema Elektronik atau sebuah drama yang ditayangkan dalam media elektronik.

10. GPS.

Bagi yang suka nyasar, kalian harus selalu sedia GPS dalam setiap perjalanan kalian. Namun, tahukah kalian kalau GPS sendiri merupakan singkatan dari kata Global Positioning System yang dalam bahasa Indonesia berarti sistem pemosisi global.

11. PDF.

Bagi kalian para pelajar dan mahasiswa, tentu sudah tidak asing dengan kata PDF karena sering digunakan untuk referensi literatur dalam mengerjakan sebuah tugas. Tahukah kalian, kalau PDF sendiri merupakan sebuah singkatan dari Portable Document Format.

12. COD.

Bagi yang sering belanja online, tentu saja sudah tidak asing dengan istilah ini. COD sendiri merupakan sebuah singkatan dari kata Cash On Delivery yang berarti bayar tunai di tempat.

13. LOL.

Bagi pengguna media sosial, istilah LOL sudah tidak asing lagi. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan bahwa kita sedang tertawa tebahak-bahak. LOL sendiri merupakan singkatan dari Laughing Out Loud.

14. CCTV.

CCTV biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan baik di rumah, kantor, atau bangunan penting lainnya dengan bentuk berupa kamera dan perekam video yang dipasang di sudut bangunan. CCTV sendiri merupakan singkatan dari kata Closed Circuit Television.

15. OK.

Sebuah istilah yang sangat singkat namun bermakna luar biasa. OK sendiri seharusnya merupakan singkatan dari All Correct atau semuanya benar/siap. Namun, sejak menjadi bahasa plesetan di Amerika kata OK berubah kata asal yaitu All Korrect.

16. USB.

Istilah ini sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita, mulai dari flashdisk, charger handphone, dan sebagainya sering memakai istilah USB. USB sendiri merupakan singkatan dari kata Universal Serial Bus yang merupakan port komputer yang dapat digunakan dalam banyak piranti.

17. LCD.

LCD saat ini sudah menjadi standar layar yang digunakan oleh setiap barang elektronik diproduksi di dunia, mulai dari televisi, kalkulator, dan handphone. Tahukah kalian kalau LCD sendiri merupakan singkatan dari Liquid Cristal Display yaitu media tampilan yang menggunakan kristal cair.

18. WC.

Siapa yang suka ke WC kalau pas ada acara? Kamar kecil atau yang biasa disebut sebagai WC ini merupakan sebuah singkatan. WC sendiri berasal dari kata Water Closed yang artinya tempat khusus untuk buang air.

19. BH.

Bagi para wanita, istilah benda ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka. BH sendiri merupakan singkatan asal Belanda, yaitu Buste Houder yang artinya penyangga payudara. Terkadang, istilah ini juga disebut dengan sebutan Bra.

20. Kepo.

Ih Kepo Lu. Istilah tersebut sering digunakan oleh anak-anak muda di Indonesia. Tahukah kalian ternyata Kepo ini merupakan sebuah singkatan dari Knowing Every Particular Object yang dalam bahasa Indonesia berati mengetahui setiap objek tertentu.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags